Mohon tunggu...
Atma Sanjaya
Atma Sanjaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

biasa saja

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran

21 Maret 2024   20:29 Diperbarui: 21 Maret 2024   20:30 888
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

A. Pengertian 

Evaluasi pendidikan adalah proses sistematis untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dan informasi terkait dengan program pendidikan, tujuan, dan hasilnya. Tujuan dari evaluasi pendidikan adalah untuk memahami efektivitas program pendidikan, mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran, dan menyediakan umpan balik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

B. Jenis-jenis evaluasi pendidikan meliputi:

1. Evaluasi Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan guru agar dapat meningkatkan proses pembelajaran. Fokusnya adalah pada peningkatan kinerja belajar.
   
2. Evaluasi Sumatif: Dilakukan setelah proses pembelajaran selesai untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Biasanya digunakan untuk menentukan apakah siswa telah mencapai standar yang ditetapkan.

3. Evaluasi Diagnostik: Dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai untuk menentukan tingkat pengetahuan awal siswa dan kebutuhan belajar mereka. Ini membantu guru merancang program yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

4. Evaluasi Normatif: Melibatkan perbandingan antara hasil siswa dengan kelompok referensi atau standar yang telah ditetapkan. Ini membantu dalam menilai sejauh mana pencapaian siswa berada dalam konteks kelompok yang lebih luas.

5. Evaluasi Kriteria-Referenced: Membandingkan pencapaian siswa dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Fokusnya adalah pada sejauh mana siswa telah mencapai standar yang telah ditetapkan.

C. Proses evaluasi pendidikan meliputi beberapa tahapan, antara lain:

1. Perencanaan Evaluasi: Tahap awal di mana tujuan evaluasi ditetapkan, metode dan instrumen evaluasi dipilih, dan sumber daya yang dibutuhkan ditentukan.

2. Pengumpulan Data: Data relevan dikumpulkan sesuai dengan metode dan instrumen evaluasi yang telah dipilih. Ini bisa meliputi tes, observasi kelas, wawancara, atau kuesioner.

3. Analisis Data: Data yang telah dikumpulkan dianalisis untuk mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran dan efektivitas program. Analisis data ini dapat melibatkan teknik statistik atau interpretasi kualitatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun