Seperti diketahui oleh kita bahwa saat ini berkumpul dengan teman, keluarga dan pacar atau istilah kerennya "nongkrong" pasti dilakukan di coffee shop. Selain itu coffee shop juga bisa digunakan sebagai tempat meeting untuk para karyawan kantoran atau work from cafe oleh sebagian orang.Â
Saat ini, coffee shop sangat bertebaran di setiap penjuru kota di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa persaingan pada usaha ini sangat ketat sehingga para pengusaha kopi berbondong-bondong untuk mencari inovasi agar memikat para konsumen. Para pengusaha berinovasi dalam menciptakan coffee shop sebagai tempat yang nyaman untuk berkumpul atau bekerja, menciptakan cita rasa dari berbagai jenis kopi atau mengadakan event-event untuk menarik para konsumen.
Dengan banyaknya peminat dan banyaknya jenis kopi di Indonesia membuat kopi dijadikan sebagai peluang usaha untuk para pengusaha. Pengusaha kopi saat ini bukan hanya dari orang dewasa saja, namun pemuda atau pemudi mulai berani untuk mengembangkan usaha kopi. Banyaknya minat para pengusaha untuk mengembangkan usaha kopi dapat membuktikan bahwa sektor UMKM meningkat karena usaha kopi.Â
Peningkatan UMKM pada usaha kopi memiliki dampak yang positif untuk Indonesia. Selain untuk meningkatkan produktifitas UMKM, usaha kopi juga dapat memberikan keuntungan kepada para petani kopi dalam perdagangan jenis kopi yang ada di Indonesia, salah satunya kopi jenis robusta.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H