Saat ini media sosial adalah media yang banyak digunakan masyarakat untuk berkomunikasi dan membangun relasi dengan sesamanya di dunia maya. Selain alat untuk berelasi sosial atau berkomunikasi, media sosial dapat membentuk opini, sikap dan perilaku masyarakat yang menggunakannya (Watie, 2016, p. 69). Kemudian, secara sederhana Mulawarman & Nurfitri (2017, p. 36) mendefinisikan media sosial sebagai suatu alat komunikasi yang dipakai oleh penggunanya dalam suatu proses sosial. Media sosial saat ini merupakan alat komunikasi dalam suatu proses sosial, yang dapat meme-ngaruhi pendapat, sikap dan perilaku para penggunanya. Selanjutnya, dari suatu sumber, ada dua definisi secara lebih spesifik menjelaskan tentang media sosial. Pertama, Kaplan & Haenlein (2010) meringkas konsep media sosial sebagai aplikasi internet yang mendukung pembuatan dan pertukaran konten karya si pemakai, yang mem- butuhkan level pengungkapan diri tertentu dan yang memungkinkan level kehadiran sosial tertentu. Kedua, Carr and Hayes (2015) mendefinisikan sosial media sebagai saluran berbasis internet yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi secara oportunistik dan selektif dalam menampilkan dirinya, baik secara realtime atau tidak, dengan audiens yang luas atau sempit, yang men- dapatkan nilai dari konten yang dibuat pengguna dan persepsi dari interaksinya dengan orang lain (Beemt, Thurlings, & Willems, 2020, p. 35). Kemudian, menurut Watie komunikasi melalui media sosial, dua tingkat komunikasi melebur menjadi satu. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi.
Komunikasi  adalah  proses  penyampaian  suatu  pesan  oleh  seseorang  kepada  orang  lain  untuk  memberi  tahu  atau  untuk mengubah  sikap,  pendapat,  atau  perilaku,  baik  langsung  secara  lisan  maupun  tak langsung melalui media (Effendy, 2004). Definisi   komunikasi adalah  proses   penyampaian   dan   penerimaan  informasi informasi,  pesan pesan,  gagasan gagasan  atau  pengertian pengertian, dengan  menggunakan  lambang lambang  yang  mengandung  arti  atau  makna,  baik secara  verbal  maupun  nonverbal  dari  seseorang  atau  sekelompok orang  kepada seseorang  atau  sekelompok  orang  lainnya  dengan  tujuan  untuk  mencapai  saling  pengertian  dan/atau  kesepakatan  bersama,  mengubah  sikap/perilaku/pendapat, baik langsung secara lisan maupun tidak langsung melalui media. (Mahadi U., 2021).
Fungsi media yang kian berubah juga berdampak bagi sistem komunikasi dalam masyarakat. Dengan adanya media sosial yang semakin modern proses komunikasi juga menjadi lebih mudah karena tidak adanya batas waktu, ruang dan juga jarak (Watie 2016). Dalam penggunaanya, individu tidak harus bertatap muka. Jarak bukanlah suatu hambatan dalam melakukan komunikasi. Kehadiran internet dan media sosial telah banyak merubah tatanan komunikasi sosial, tentunya pada zaman sekarang banyak yang sudah memiliki perangkat seperti gadget yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh bahkan secara internasional. Namun dalam melakukanya masyarakat juga harus memperhatikan etika dalam berkomunikasi dan juga harus memiliki kendali diri dalam melakukan komunikasi. Karena kehadiran media sosial membuat kita semakin bebas dalam mengeluarkan pendapat.
Daftar Pustaka
Pujino, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Gen Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1-19. https://dx.doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Alam, J. (2021). Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Politik. Avant Garde: Jurnal
Ilmu Komunikasi, 9(1), 71. https://dx.doi.org/10.36080/ag.v9i1.1257
Suhairi, Salim I., Nurhadiah, Leli N., Tri R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat
Komunikasi Massa dalam Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Interaksi dengan Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(2) 436 -- 444. https://doi.org/10.37531/mirai.v8i2.5018
Madanih R., Purnamasari O., (2021). HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT
KOMUNIKASI DENGAN KEBAHAGIAAN LANJUT USIA DI INDONESIA. Prespektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, 5(1). https://doi.org/10.24853/pk.5.1.99-109
Aprilia N., (2023). Media Sosial Sebagai Penunjang Komunikasi Bisnis di Era Digital. Jurnal Ilmiah
Pendidikan dan Ekonomi , 7(2). https://doi.org/10.30599/utility.v7i02.2669
Mahadi U., (2021). Komunikasi Pendidikan (Urgensi Komunikasi Efektif dalm Proses
Pembelajaran. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari 2(2). https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.2385
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and
opportunities of Social Media. Business horizons, 53(1), 59-68. https://dx.doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial
Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis di SMP Kabupaten Sukoharjo  6(1) 1. https://doi.org/10.30787/gaster.v18i1.487