Mohon tunggu...
Athiyah Fitriyani Basuki
Athiyah Fitriyani Basuki Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya mahasiswa semester 5 porgram studi Informatika UPN "Veteran" Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Belajar Seru di Luar Kampus bersama My EduSolve

21 Desember 2022   08:14 Diperbarui: 21 Desember 2022   08:21 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pathway class (Dokpri)

Apa Itu MSIB ?

Saya merupakan salah satu mahasiswa Jurusan Informatika Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang sedang mengikuti program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Magang & Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka. Saat ini saya sedang menempuh program Studi Independen Bersertifikat pada My EduSolve dengan jalur belajar UI/UX Designer yang diselenggarakan mulai 18 Agustus sampai 31 Desember 2022.

Persiapan-persiapan yang dibutuhkan sudah saya persiapkan jauh hari sebelum pendaftaran seperti Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) dan Surat Rekomendasi. Adapun beberapa tahapan seperti Seleksi Administrasi dan Seleksi Tulis. Tak lupa, saya mempersiapkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi UI/UX Designer seperti portofolio.

Untuk program yang saya tempuh selama kurang lebih 5 bulan, program ini dapat dikonversikan setara 20 SKS Perkuliahan. Di dalam program ini nantinya akan menghasilkan proyek akhir yang nantinya bisa digunakan sebagai portofolio untuk menunjang karier ke depannya. Di dalam program ini saya diberikan proyek akhir bersama klien.

Dalam Proses pembuatan proyek akhir adapun tahapan-tahapan seperti pembuatan problem statment & solution, pembuatan sitemap, pembuatan wirefrema, pembuatan design system dan yang terakhir pembuatan prototype sebagai hasil untuk dipresentasikan kepada klien.

Tidak hanya proyek akhir, My EduSolve juga memberikan bimbingan karier yang dapat menunjang saya dalam menentukan karier yang sesuai untuk kedepannya. Selama proses pembelajaran pun kita tidak hanya terfokus pada 1 aplikasi design saja. kebetulan saya saat itu mendapatkan 3 pembelajaran dengan menggunakan Figma, Adobe Ilustrator dan Adobe Indesign. My EduSolve juga memberikan Sertifikasi gratis yang bisa menambah nilai dari CV kalian.

mentoring class (Dokpri)
mentoring class (Dokpri)

Saya berharap program Kampus Merdeka ini bisa berjalan hingga nantinya karena banyak sekali manfaat yang dapat diambil oleh mahasiswa dan juga dapat menjadi sarana untuk mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun