A. Â pengertian metode pendidikan
   Metode berasal dari 2 kata yakni meta yang memiliki arti melalui dan hodos yang memiliki arti jalan atau cara. Menurut terminologi (istilah) jadi, metode adalah suatu cara yang diciptakan guna untuk mencapai suatu tujuan.
   Pendidikan memiliki arti sebuah usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendewasakan sesorang dengan cara melakukan bimbingan,pembinaan dan arahan sehingga orang tersebut mampu mengembangkan intelektualisasi pada dirinya.
   Pendidikan islam merukan suatu usaha yang dilakukan guna menciptakan muslim-muslim yang memiliki pemikiran intelektual sehingga mereka dapat melaksanakan tugas mereka sebagai khalifah Allah SWT  di muka bumi, baik secara hubungan merekan dengan allah, sesama manusia, ataupun alam. Di dalam islam pendidikan yang dimaksudkan adalah suatu pengetahuan yang didasari kepada al-qur'an dan hadits.
   Metodologi pendidikan islam adalah suatu cara yang dapat ditempuh guna mempermuda suatu tujuan pendidikan islam.
B. Â Dasar metode pendidikan islam
    Dasar metode pendidikan islam adalah Al-qur'an dan hadits. Di dalam al-qur'an dan hadits apabila kita cermati maka kita dapat menupakan berbagai macam persoalan-persoalan, metode-metode, ilmu pengetahuan, dan informasi-informasi secara komplit. berikut adalah macam-macam metode pendidikan islam secara agamis, biologis, psikologis dan sosiologis
C. prinsip-prinsip metode pendidikan islam
. Â Â berikut adalah prinsip-prinsip metode pendidikan islam antara lain :
   1. prinsip memberikan suasana kegembiraan
   2. prinsip memberikan layanan dan santunan dengan lemah lembut
D. macam-macam metode pendidikan islam
   Ibnu khaldun, mengungkapkan metode mengajar yang diberi nama dengan metode 3 tahap yakni sabil al ijmal, al syirh wa al-bayan, takhallus. Sedangkan menurut ahli yang kedua yakni nata metode terbagi menjadi 7 macam yakni metode teladan,kisah-kisah, nasihat, pembiasaan,hukum dan ganjaran, ceramah dan metode diskusi.
E. Tujuan metode pendidikan islam
  Metode pendidikan bertujuan untuk proses belajar mengajar dan hasil belajar mengajar ajaran-ajaran islam lebih berdaya guna dan berhasil serta menimbulkan rasa ingin mengamalkan ilmu yang telah mereka dapatkan.
F. Tugas metode pendidikan islam
   Metode pendidikan Islam memiliki tugas utama yakni dengan mengadakan aplikasi perihal prinsip-prinsip psikologis dan paedagogis  guna untuk menjadi suatu hubungan pendidikan yang telah terealisasi melalui penyampaian suatu keterangan dan pengetahuan agar siswa dapat memahami, mengetahui, mengembangkan, menghayati serta meyakini tentang materi yang telah diberikan.
G. Prosedur metode pendidikan Islam
   Prosedur metode pendidikan Islam memiliki langkah-langkah yang ditempuh oleh pendidik sebelum pembuatan metode pendidikan Islam ini dilakukanÂ