Mohon tunggu...
Athala Parlambang
Athala Parlambang Mohon Tunggu... Masinis - Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Suka Journalisme Olahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Cara Aku Mempersiapkan Diriku untuk Ujian

29 November 2022   15:40 Diperbarui: 3 Desember 2022   13:40 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hallo, nama gua Athala Hassan Parlambang,  Mahasiswa Semester 5 Universitas Trisakti dari Fakultas Hukum.

Bentar lagi, kampus gua mengadakan Ujian Akhir Semester, yaaa kira-kira 2 Mingguan  Lagi lah. Didalam blog ini gua pengen "bocorin" atau kalau orang Inggris bilang "spill the tea" kepada teman-teman tentang bagaimana cara gua  mempersiapkan diri untuk UAS. 

Kalian pernah gak sih, kebingungan gitu pas mau belajar Ujian?. Terus bertanya "Ini gua pelajarin apaan ya?" . Kalau gua sering. Gua sendiri orangnya gabegitu demen sama yang namanya SKS. Menurut gua, buat apa si begadang? ga sehat. Gua orangnya, sejarangnya gua belajar,  gua selalu berusaha mempersiapkan untuk ujian jauh-jauh hari. Karena menurut gua  itu lebih efektif. Otak pun lebih segar.

Lalu, apasih yang bisa dipelajarin jauh-jauh sebelum ujian gitu?

Naaah tuh, kepo kan?. Apasih yang gua  pelajarin jauh-jauh sebelum ujian?

Jadi yang dipelajarin jauh-jauh sebelum ujian adalah apapun yang tercantum didalam RPS. RPS itu singkatan dari Rencana Pembelajaran Semester. Bagi yang masih Sekolah mungkin itu namanya Kisi-kisi. 

Ada quotes yang dosen gua pernah bilang : 

Study smart not Hard. Belajar itu sambil Nongkrong geeek

Gua sendiri tidak merekomendasikan belajar sambil nongkrong kepada diri gua sendiri, dan kepada masyarakat pada umumnya, karena bagi gua kalau belajar sambil nongkrong, banyak yang dapat mengganggu Konsentrasi, namun, if you think you'll succeed that way, then give it a go. Teman gua ada tuh yang belajar sambil jalan-jalan, party, bahkan keliling Eropa, tapi IPKnya lebih dari aman. Ada juga tipe Mahasiswa yang  no-life,  tapi  IPK terjun bebas. (aneh kan?).Intinya orang memiliki caranya masing-masing. 

Tapi yang membuat gua terpukau dari statement dosen gua adalah. Study Smart not Hard. Nah gua tebelin tuh Quotes.  Dosen gua yang menyuruh kelas gua untuk melihat RPS untuk belajar saat ujian. Gak cuman lihat RPS, tapi apabila si pengajar mengulang-ulang omongannya, catet itu omongan, karena dijamin pasti akan ditanyakan pada saat ujian berlangsung. 

Jadi pada intinya, dua minggu sebelum ujian, gua kebutin semua materi yang penting dengan cara menjadikan Kisi-kisi/ RPS sebagai acuan. 

Semoga Sukses selalu

Athala Hassan Parlambang, blogger Olahraga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun