UML (Unified Modeling Language) adalah bahasa pemodelan yang digunakan untuk merancang dan memvisualisasikan sistem perangkat lunak. UML menyediakan serangkaian notasi grafis yang membantu pengembang, analis, dan desainer untuk memodelkan struktur dan perilaku sistem dari sudut pandang yang berbeda. Dengan UML, berbagai aspek dari sistem dapat didokumentasikan secara terstruktur dan konsisten, sehingga memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim proyek.
UML terdiri dari beberapa jenis diagram yaitu Use Case Diagram, Class Diagram, Sequence Diagram, Activity Diagram, Deployment Diagram. Dibawah ini akan diberikan penjelasan yang lebih jelas dari masing-masing diagram.
Â
A.Class Diagram
Class diagram adalah jenis diagram dalam Unified Modeling Language (UML) yang digunakan dalam rekayasa perangkat lunak untuk secara visual menggambarkan struktur dan hubungan antar kelas dalam suatu sistem. UML adalah bahasa pemodelan standar yang membantu dalam merancang dan mendokumentasikan sistem perangkat lunak. Class diagram merupakan bagian integral dari proses pengembangan perangkat lunak, membantu dalam fase desain dan dokumentasi.
A. Â Â Apa itu class diagram?
Class diagram adalah salah satu jenis diagram yang digunakan dalam pemodelan perangkat lunak untuk menggambarkan struktur statis dari suatu sistem. Dalam pengembangan perangkat lunak, pemahaman terhadap struktur kelas dan hubungan antar kelas sangatlah penting, dan class diagram memberikan representasi visual yang jelas dan terstruktur terhadap komponen-komponen ini.
Setiap kelas dalam class diagram direpresentasikan oleh sebuah persegi panjang atau kotak, yang biasanya terdiri dari tiga bagian utama:
* Â Â Â Â Nama Kelas: Bagian pertama dari kotak menampilkan nama kelas tersebut. Nama kelas biasanya dituliskan dalam huruf kapital dan terletak di bagian tengah atas kotak.
* Â Â Â Â Atribut: Bagian kedua dari kotak digunakan untuk menampilkan atribut-atribut dari kelas tersebut. Atribut-atribut ini merepresentasikan data atau informasi yang disimpan dalam objek dari kelas tersebut. Atribut-atribut biasanya dituliskan dalam format nama atribut.
* Â Â Â Â Metode: Bagian ketiga dari kotak menampilkan metode-metode atau perilaku yang dimiliki oleh kelas tersebut. Metode-metode ini merepresentasikan tindakan atau operasi yang dapat dilakukan oleh objek dari kelas tersebut. Metode-metode biasanya dituliskan dalam format nama metode(parameter).