[caption id="attachment_146966" align="alignleft" width="300" caption="4now.com.br"][/caption] Oleh : Atep Afia Hidayat - Siapa tak kenal YouTube, situs web tempat berbagi video (video sharing) terhebat di dunia. Siapapun bisa mengunduh, mengunggah dan menonton video pilihannya melalui YouTube. Saat ini YouTube tercatat sebagai situs web paling populer nomor tiga di dunia, yaitu setelah Google dan Facebook. Di Indonesia sendiri YouTube menempati peringkat keempat situs web yang paling banyak dikunjungi. Menurut catatan Wikipedia, YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan Pay Pal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennyslvania. Sedangkan Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Selanjutnya. tanggal 9 Oktober 2006 YouTube dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Jika pada tahun 2006 US $ 1 setara dengan Rp. 9.200, maka nilai pembelian YouTube tersebut mencapai Rp. 15,18 triliun. Begitu fantastis ! Bandingkan dengan daerah terkaya se Indonesia saat itu (tahun 2006), yaitu Kabupaten Kutai Kertanegara yang penerimaan Anggaran Penerimaan dan Belanja Daerah (APBD) "hanya" Rp. 2,6 triliun. Nilai pembelian YouTube tersebut setara dengan akumulasi APBD 11 sampai 12 daerah terkaya di Indonesia. Nilai YouTube pada penghujung tahun 2011 ini sudah makin menggelembung lagi. Perkembangan nilai bisnis diikuti dengan penguatan sebagai sebuah brand image, bahkan menjadi trendsetter, terutama untuk dunia entertainment. Keberadaannya bagi ratusan juta orang di seluruh dunia menjadi sangat penting. YouTube menjadi media yang efektif bagi banyak orang untuk lebih eksis, yaitu melalui proses mengunggah kenarsisan. Di Indonesia banyak orang terkenal mendadak karena efek YouTube, tercatat mulai dari Keong Racun (Sinta dan Jojo), Briptu Norman sampai Udin Sedunia. Di tingkat global, nama Justin Driew Beiber, anak muda kelahiran Ontario, Kanada, Tahun 1994, namanya meroket dan menembus dunia hiburan di lebih dari seratus negara, terutama setelah pada tahun 2007, ibunya mengunggah video aksi Justin mendendangkan lagu-lagu pop dan R&B di YouTube. Saat ini video unik dan menarik dari YouTube banyak menjadi konten acara di beberapa televisi swasta nasional. Dengan demikian, YouTube makin naik daun saja. Sebagai pemilik YouTube, Google terus memperbaiki tampilannya. Mulai hari Jum'at, 2 Desember 2011, tampilan YouTube menjadi lebih akrab bagi para penggunanya. Video yang ada di YouTube menjadi terklasifikasikan dengan kanal (channel) seperti Trending, Popular, Music, Entertainment, Sports, Film & Animation, News & Politics, Comedy, People & Blogs, Science & Technology, Gaming, Howto & Style, Education, Pets & Animals, Autos & Vehicles, Travel & Events, serta Nonprofits & Activism. Daftar kanal sendiri diposisikan di bagian kiri secara vertical. Para pengunduh, pengunggah atau penonton video kini menjadi semakin dimanjakan. Ternyata YouTube pun tidak pelit dengan konten yang dimilikinya, berbagai opsi untuk berbagi video disediakan, mulai dari disediakan embed untuk blog atau web , link video, e-mail, facebook, twitter dan google+. YouTube memang begitu fenomenal, berdasarkan Statistik YouTube, dalam sepakan ada sekitar 100 juta orang di seluruh dunia berpartisipasi aktif di YouTube, mulai dari mengunduh, mengunggah, menonton, memberikan komentar, membagikan, atau sekedar menyukai video tertentu. Selain itu, ternyata lebih dari 50 persen video yang ada di YouTube telah diberi peringkat dan komentar oleh para pengguna (komunitas). Sedangkan jumlah video yang ditonton setiap harinya mencapai tiga miliar. Ternyata 70 persen traffic YouTube datang dari luar Amerika Serikat. Jika Di Indonesia YouTube merupakan situs web paling popular ke-empat, di Amerika Serikat sendiri menempati posisi ke-tiga, maka di Saudi Arabia menempati peringkat ke-dua (Alexa.com). Sebagai catatan, situs web paling popular di Saudi Arabia ialah Google.com.sa. Dengan wajah dan performa barunya YouTube akan lebih mudah diakses siapapun pengguna internet. Beragam kanal yang ada di dalamnya makin memanjakan minat setiap orang. Jika memiliki pengetahuan, potensi, kemampuan, minat atau bakat dibidang tertentu yang bersifat positif, produktif dan proaktif, ada baiknya diambil gambarnya (videonya), lantas berbagi dengan sesama melalui YouTube. (Atep Afia).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H