Mohon tunggu...
Atep RuzhanNur
Atep RuzhanNur Mohon Tunggu... Guru - Guru/Wali Kelas

lahir di Cianjur pada 17 Juni 1988, dalam keluarga yang penuh kasih dari ayahnya, Endang Sukarna, dan ibunya, Nur Asiah. Pendidikan menjadi landasan hidupnya, dan kini, ia menapaki perjalanan sebagai mahasiswa yang penuh semangat. Mengenyam pendidikan formal di SDN 1 Simpang takokak, SMPN 2 Takokak, SMA Nurul Iman Parung – Bogor dan Sekolah Tinggi Islam Nurul Iman (STAINI) Parung-Bogor. Saat ini sedang kuliah di S2 Program Studi Manjemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui tes masuk jalur mandiri. Saat ini, Ia tidak hanya berfokus pada studi mahasiswanya, tetapi juga memberikan kontribusi positif sebagai pengajar disalah satu Pesantren yang berada di kabupaten cianjur yaitu Pesantren Jamharul Qowwi Nurul Haddad. Keterampilanya dalam menyampaikan materi agama menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendalam. Dedikasinya terhadap pendidikan mencerminkan visinya untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang agama dan nilai-nilai moral kepada generasi muda. Atep Ruzhan terus mengejar impian pendidikannya sambil menjalankan peran sebagai anak, suami, orangtua, mahasiswa, dan pengajar. Semangatnya untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan menjadikan Ia sosok yang inspiratif dalam memperkuat jalinan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan. Motivasi mengikuti kuliah pada program Manajemen Pendidikan Islam berharap dapat mengurus dengan baik dan efesien lembaga Pendidikan Islam yang sedang di jalani.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

kepemimpinan transformatif

13 Juli 2024   20:45 Diperbarui: 13 Juli 2024   20:51 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"Kepemimpinan Transformatif Madrasah Terbaik Nasional: Studi Multi Situs di MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang", yang ditulis oleh Dr. H. Moh. Sulhan, M.Ag., dan Dr. H. Ilyas Rifa'i, M.A., memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan pemahaman kita tentang dinamika kepemimpinan dalam pendidikan madrasah di Indonesia. Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang praktik kepemimpinan transformatif yang efektif yang digunakan di beberapa MAN terkenal di Indonesia, seperti MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang. Pendekatannya yang berbasis studi multi-situs adalah kekuatan utama buku ini. Para penulis berhasil menyajikan spektrum strategi kepemimpinan transformatif yang beragam dengan memilih madrasah yang berbeda secara geografis dan kontekstual.

Buku ini merinci praktik kepemimpinan transformatif di tiga MAN paling terkenal di Indonesia: MAN Insan Cendekia Serpong, MAN Insan Cendekia Kota Pekalongan, dan MAN 2 Kota Malang. Para penulis dengan jelas menjelaskan berbagai strategi kepemimpinan yang dapat diterapkan di madrasah. Strategi-strategi ini memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas sehari-hari serta mengubah paradigma pendidikan dan membuat lingkungan pembelajaran yang menarik.

Analisis yang mendalam terhadap karakteristik kepemimpinan transformatif, seperti pengembangan visi bersama, pemberdayaan staf dan siswa, serta inovasi dalam kurikulum dan metode pengajaran, menjadi poin penting dalam buku ini. Para penulis juga menyoroti pentingnya keberlanjutan dan adaptabilitas dalam menghadapi tantangan-tantangan kontemporer dalam pendidikan.

Dalam konteks pendidikan madrasah yang sedang berubah di Indonesia, buku ini sangat penting. Buku ini menampilkan berbagai contoh keberhasilan di MAN, memberikan inspirasi dan panduan praktis bagi para pemimpin madrasah untuk menerapkan pendekatan yang lebih holistik dan progresif untuk meningkatkan kualitas Pendidikan.

Secara keseluruhan, buku ini berhasil menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformatif bukan hanya tentang mengelola; tetapi juga tentang memimpin dengan visi jangka panjang untuk memajukan pendidikan madrasah. Para penulis menggarisbawahi bahwa kepemimpinan yang efektif di madrasah harus mampu beradaptasi dengan perubahan sosial dan teknologi, mendorong budaya kerja yang berkolaborasi, dan mendorong inovasi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun