Mohon tunggu...
Atep RuzhanNur
Atep RuzhanNur Mohon Tunggu... Guru - Guru/Wali Kelas

lahir di Cianjur pada 17 Juni 1988, dalam keluarga yang penuh kasih dari ayahnya, Endang Sukarna, dan ibunya, Nur Asiah. Pendidikan menjadi landasan hidupnya, dan kini, ia menapaki perjalanan sebagai mahasiswa yang penuh semangat. Mengenyam pendidikan formal di SDN 1 Simpang takokak, SMPN 2 Takokak, SMA Nurul Iman Parung – Bogor dan Sekolah Tinggi Islam Nurul Iman (STAINI) Parung-Bogor. Saat ini sedang kuliah di S2 Program Studi Manjemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung melalui tes masuk jalur mandiri. Saat ini, Ia tidak hanya berfokus pada studi mahasiswanya, tetapi juga memberikan kontribusi positif sebagai pengajar disalah satu Pesantren yang berada di kabupaten cianjur yaitu Pesantren Jamharul Qowwi Nurul Haddad. Keterampilanya dalam menyampaikan materi agama menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendalam. Dedikasinya terhadap pendidikan mencerminkan visinya untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang agama dan nilai-nilai moral kepada generasi muda. Atep Ruzhan terus mengejar impian pendidikannya sambil menjalankan peran sebagai anak, suami, orangtua, mahasiswa, dan pengajar. Semangatnya untuk terus belajar dan berbagi pengetahuan menjadikan Ia sosok yang inspiratif dalam memperkuat jalinan antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan. Motivasi mengikuti kuliah pada program Manajemen Pendidikan Islam berharap dapat mengurus dengan baik dan efesien lembaga Pendidikan Islam yang sedang di jalani.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Model Desain Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

12 Juli 2024   16:26 Diperbarui: 12 Juli 2024   16:30 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Model desain pengawasan dan evaluasi pendidikan

  • Definisi Model Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan

Model adalah pola (contoh, acuan, ragam) dari sesuatu yang akan dibuat atau dihasilkan. Simamarta, mendefinisikan "model adalah abstraksi dari sistem sebenarnya, dalam gambaran yang lebih sederhana serta mempunyai tingkat prosentase yang bersifat menyeluruh,

  • Klasifikasi Model Evaluasi Program Pendidikan

Menurut Kaufman dan Thomas (Suharsimi dan Abdul Jabar), membedakan klasifikasi model evaluasi menjadi sembilan, yaitu:9 (1)Goal Oriented Evaluation Model, dikembangkan oleh Tyler. (2) Goal Free Evaluation Model, dikembangkan olehScriven. (3) Formatif Summatif Evaluation Model, dikembangkan oleh Michael Scriven. (4) Countenance Evaluation Model, dikembangkan oleh Stake. (5) Responsive Evaluation Model, dikembangkan oleh Stake. (6) CIPP Evaluation Model, dikembangkan oleh Stufflebeam. (7) Discrepancy

  • Model Evaluasi Pengawasan Pendidikan berdasarkan perkembangannya

Selain berbagai klasifikasi model tersebut, di atas, Sudjana dan Ibrahim mengelompokkan model-model evaluasi pendidikan berdasarkan perkembangannya menjadi 4 kelompok yaitu; 1. Measurement Model, 2. Congruence Model, 3. Educational System Evaluation Model, 4. Illuminative Model,

  • Rancangan Evaluasi Program Pendidikan

Rancangan evaluasi ada beberapa hal yang tercantum dalam sebuah rancangan evaluasi tersebut diantaranya adalah, Judul Kegiatan, Alasan Dilaksanakannya Evaluasi; Tujuan, Pertanyaan Evaluasi; Metodologi yang Digunakan;Prosedur Kerja dan Langkah-Langkah Kegiatan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun