Mohon tunggu...
Atanshoo
Atanshoo Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

Mahasiswa Administrasi Perkantoran. Memiliki hobby menulis, untuk menyalurkan kegelisahan terkhusus pada kategori Humaniora dan Lyfe

Selanjutnya

Tutup

Ramadan

Berhenti Merokok, Menjadi Target di Bulan Ramadan Tahun Ini

12 Maret 2024   22:05 Diperbarui: 12 Maret 2024   22:23 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berhenti merokok, menjadi target di bulan ramadan ini (Mathew Macquarrie on unsplash)

 

Sebagai perokok aktif selama 5 tahun terakhir, Ramadan tahun ini menjadi momen penting untuk merefleksikan kebiasaan merokok saya. Di bulan penuh berkah ini, saya ingin menantang diri untuk mengurangi konsumsi rokok, bahkan jika tidak berhenti total.

Awalnya, niat ini terasa berat. Kebiasaan merokok sudah menjadi bagian dari keseharian, menemani saat minum kopi, setelah makan, atau saat stres. Rasa khawatir muncul, bagaimana saya bisa beraktivitas tanpa rokok?

Namun, tekad saya semakin kuat dengan berbagai alasan. Pertama, Ramadan adalah bulan suci untuk meningkatkan kesehatan dan spiritualitas. Merokok jelas bertentangan dengan tujuan tersebut. Kedua, saya ingin menjadi contoh yang baik bagi keluarga dan orang-orang di sekitar. Ketiga, saya ingin merasakan manfaat kesehatan dari mengurangi rokok, seperti nafas yang lebih lega dan stamina yang lebih kuat.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap hari. Biasanya, saya menghabiskan satu bungkus rokok per hari. Di Ramadan ini, saya berusaha untuk mengurangi menjadi setengah bungkus.

Langkah selanjutnya adalah mencari alternatif untuk mengalihkan keinginan merokok. Saya mencoba minum air putih lebih banyak, berolahraga ringan, atau melakukan aktivitas yang positif seperti membaca buku.

Dukungan dari keluarga dan teman juga sangat membantu. Mereka selalu mengingatkan saya untuk tidak merokok dan memberikan semangat untuk mencapai target.

Memang, godaan untuk merokok masih ada, terutama di saat-saat tertentu. Tapi, saya terus berusaha untuk fokus pada tujuan awal. Saya yakin, dengan tekad dan disiplin, saya bisa mencapai target untuk mengurangi merokok di bulan Ramadan ini.

Lebih dari itu, Ramadan menjadi momentum untuk memulai kebiasaan hidup yang lebih sehat dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Semoga, perubahan ini tidak hanya berlangsung selama Ramadan, tapi juga menjadi kebiasaan permanen di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun