Mohon tunggu...
Asyifah
Asyifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa aktif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Negara yang Agamis tetapi Banyak Korupsi

2 Desember 2024   09:52 Diperbarui: 2 Desember 2024   09:52 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Di tengah gemuruh perdebatan mengenai peran agama dalam membentuk moralitas masyarakat, sebuah ironi muncul ketika negara yang dikenal sangat religius justru menghadapi tingkat korupsi yang tinggi. Fenomena ini memicu pertanyaan mendalam: bagaimana mungkin ajaran agama yang mengutamakan kejujuran, integritas, dan keadilan dapat bersanding dengan praktik korupsi yang merusak? Artikel ini akan menggali fenomena tersebut, membahas akar penyebabnya, serta menawarkan solusi untuk memutus mata rantai korupsi di negara-negara yang dikenal agamis.

Agama sebagai Pilar Moralitas

Sebagian besar agama besar dunia, seperti Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha, memiliki prinsip moral yang mengutuk keras korupsi. Dalam Islam, misalnya, korupsi sering dikaitkan dengan perbuatan haram seperti khianat (pengkhianatan terhadap amanah) dan riba. Dalam Kristen, Alkitab mengajarkan bahwa cinta uang adalah akar dari segala kejahatan (1 Timotius 6:10). Di Hindu, konsep "dharma" menekankan pentingnya hidup benar sesuai dengan nilai-nilai moral.

Dalam teori, ajaran agama memiliki kekuatan besar untuk membangun masyarakat yang berintegritas. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa religiusitas masyarakat suatu negara tidak selalu berbanding lurus dengan rendahnya tingkat korupsi. Sebagai contoh, negara-negara yang sangat religius seperti Indonesia, Nigeria, atau Pakistan sering kali menempati peringkat rendah dalam Indeks Persepsi Korupsi yang dirilis Transparency International.

Mengapa Negara Agamis Tetap Korup?

Beberapa faktor dapat menjelaskan mengapa korupsi tetap marak meski agama menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat:

Pemahaman Agama yang Dangkal Banyak orang mengidentifikasi diri sebagai religius tetapi hanya dalam aspek ritual, bukan dalam penerapan nilai-nilai moralnya. Misalnya, seseorang mungkin rajin beribadah tetapi tetap mempraktikkan korupsi karena memisahkan agama dari kehidupan profesional atau publiknya.

Budaya Patronase dan Nepotisme Di negara agamis, struktur masyarakat sering kali sangat hierarkis dengan sistem patronase yang kuat. Loyalitas terhadap keluarga, suku, atau kelompok tertentu sering kali melebihi komitmen terhadap hukum dan keadilan. Hal ini memudahkan praktik nepotisme dan penyalahgunaan kekuasaan.

Kelemahan Institusi Penegak Hukum Tidak peduli seberapa religius suatu masyarakat, jika institusi penegak hukum lemah, korupsi akan tetap merajalela. Penegakan hukum yang selektif atau mudah disuap menciptakan lingkungan di mana korupsi dianggap sebagai hal biasa, bahkan di kalangan masyarakat yang religius.

Penyalahgunaan Agama untuk Legitimasi Agama sering digunakan oleh pejabat korup untuk mendapatkan legitimasi di mata masyarakat. Mereka bisa menggunakan retorika religius untuk menutupi praktik korupsinya, membuat masyarakat enggan mempertanyakan tindakan mereka karena dianggap menyerang agama.

Kemiskinan dan Ketimpangan Ekonomi Tingginya tingkat kemiskinan dan ketimpangan ekonomi di negara agamis juga berkontribusi pada korupsi. Ketika masyarakat mengalami tekanan ekonomi yang ekstrem, godaan untuk melakukan korupsi demi memenuhi kebutuhan dasar menjadi lebih besar, terlepas dari nilai-nilai agama yang dianut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun