Mohon tunggu...
Ariska Aulia Asyavira
Ariska Aulia Asyavira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

"Menyerah berarti menerima bahwa kamu lelah. Tetapi untuk beristirahat dan mencoba lagi adalah tanda sebuah tekad."

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiwa Magang di Dinas Sosial Kota Surabaya Meningkatkan Efisiensi Kerja Dengan Kontribusi Aktif

7 Juni 2023   20:50 Diperbarui: 7 Juni 2023   21:03 541
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktivistas magang, dok. pribadi

 

Sebagai seorang mahasiswa yang sedang menjalani program magang di Dinas Sosial Kota Surabaya, saya telah terlibat dalam berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mendukung efisiensi kerja pegawai dan membantu proses administrasi. Berikut adalah rangkuman kegiatan yang saya lakukan selama magang di dinas tersebut.

  1. Membantu Pegawai dalam Rekap Data Berita Acara Pengembalian Stiker Salah satu tugas yang saya lakukan adalah membantu pegawai dalam merekap data berita acara pengembalian stiker. Dalam tugas ini, saya bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai berita acara yang telah dikembalikan oleh warga. Saya kemudian melakukan penginputan data tersebut ke dalam sistem yang telah ditentukan. Dengan bantuan saya, proses rekapitulasi data menjadi lebih cepat dan efisien.

  2. Kunjungan ke UPT Liponsos Keputih Selama magang, saya juga berkesempatan untuk mengunjungi UPT Liponsos Keputih, sebuah unit pelaksana teknis di bawah naungan Dinas Sosial Kota Surabaya. Dalam kunjungan ini, saya turut serta dalam kegiatan pengamatan dan pembelajaran mengenai pelayanan sosial yang diberikan oleh unit ini kepada masyarakat. Pengalaman ini memperkaya pengetahuan saya tentang berbagai program dan kegiatan sosial yang dilaksanakan di lapangan.

  3. Menyusun Surat Perintah Kerja Pegawai Dinas Sosial Kota Surabaya Sebagai bagian dari tim magang, saya juga diberi tanggung jawab untuk menyusun surat perintah kerja pegawai Dinas Sosial Kota Surabaya. Tugas ini melibatkan pengumpulan informasi terkait jadwal dan tugas-tugas yang harus dilakukan oleh pegawai selama periode tertentu. Dengan hati-hati dan ketelitian, saya menyusun surat perintah kerja yang lengkap dan jelas, sehingga memudahkan pegawai dalam menjalankan tugasnya.

  4. Membantu Pegawai dalam Menge-scan Dokumen dan Verifikasi Berita Acara Keluarga Miskin Tugas lain yang saya lakukan adalah membantu pegawai dalam proses pemindaian (scan) dokumen dan verifikasi berita acara keluarga miskin. Saya bertanggung jawab untuk memindai dokumen-dokumen yang diperlukan dan memastikan kesesuaiannya dengan berita acara yang terkait. Dengan melakukan tugas ini, saya membantu mengurangi beban kerja pegawai dan mempercepat proses verifikasi data.

Dalam keseluruhan magang di Dinas Sosial Kota Surabaya, saya merasa terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat dan membantu pegawai dalam meningkatkan efisiensi kerja mereka. Saya juga merasa berkesempatan untuk belajar banyak tentang pengelolaan administrasi dan pelayanan sosial di lingkungan pemerintahan. Saya berharap pengalaman ini dapat menjadi modal berharga dalam mengembangkan karier saya di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun