Mohon tunggu...
asyam shobir
asyam shobir Mohon Tunggu... Jurnalis - penggiat literatur budaya

Jurnalis Klikers

Selanjutnya

Tutup

Money

Kreatifood Sukses Menjadi Perhatiaan BEKRAF

6 April 2019   19:17 Diperbarui: 6 April 2019   19:19 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Surabaya - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerja sama dengan Perkumpulan FoodStartup Indonesia menggelar sosialisasi Kreatifood 2019 di Surabaya. Sebanyak 251 pelaku usaha ekonomi kreatif di bidang kuliner mendatangi acara tersebut.

Kreatifood merupakan program Bekraf yang sukses diselenggarakan sejak tahun 2016. Muhammad Jufry selaku Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail Dalam Negeri menuturkan, program Bekraf ini dikhususkan untuk para pelaku ekraf di bidang kuliner. Subsektor kuliner yang menjadi fokus utama acara Kreatifood memang menyumbangkan dana yang cukup besar untuk PDB di Indonesia.

Kreatifood merupakan program Bekraf yang sukses diselenggarakan sejak tahun 2016. Program Bekraf yang satu ini dikhususkan untuk para pelaku ekraf di bidang kuliner. Subsektor kuliner yang menjadi fokus utama acara Kreatifood memang menyumbangkan dana yang cukup besar untuk PDB di Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Muhammad Jufry selaku Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Retail Dalam Negeri dalam sambutannya membuka acara sosialisasi Kreatifood 2019.

"Kami mempunyai perhatian besar terhadap kuliner. Bukan berarti yang lain tidak penting. Namun kuliner telah menyumbangkan Rp 382 Triliun dalam PDB. Kuliner juga telah memberi lapangan kerja hamper 8 juta masyarakat. Kreatifood merupakan satu upaya kami untuk mengembangkan inovasi di bidang kuliner," ujar Muhammad Jufry. pada acara yang berlangsung Jumat (05/04/2019) di Wyndham Hotel, Surabaya.

Masih berdasarkan penuturan Muhammad Jufry, kesuksesan Kreatifood terlihat melalui capaiannya yang luar biasa. Di tahun 2018, di acara Kreatifood terjadi transaksi retail sebesar Rp 900 juta, serta transaksi Business to Business (B2B) sebesar Rp 1,2 Miliar. Kreatifood juga berhasil mempertemukan 123 distributor dengan pelaku ekraf di bidang kuliner.

Selain Muhammad Jufry, hadir pula Bonnie Susilo selaku Founder FoodLab Indonesia, Reza Achmad dari Accelerice, dan Syaifullah selaku Direktur Akses Non Perbankan yang menyosialisasikan soal Demoday FoodStartup Indonesia. Demoday FoodStartup Indonesia yang telah masuk tahun keempat ini adalah sebuah platform untuk mengkurasi pelaku rintisan usaha ekonomi kreatif kuliner. Berbeda dengan Kreatifood yang menghubungkan pelaku ekraf kuliner dengan akses pemasaran, Demoday FoodStartup Indonesia ini menghubungkan pelaku ekraf kuliner kepada akses permodalan.

"Demoday FoodStartup Indonesia membuka kesempatan bagi para pelaku ekraf kuliner terkoneksi dengan ekosistem pangan, seperti mentor, korporasi, perbankan, investor, instansi pemerintahan untuk analisa produk, bisnis, pengembangan kapasitas produksi dan pribadi, dan lain sebagainya," kata Syaifullah.

Pendaftaran Kreatifood 2019 dan Demoday FoodStartup Indonesia telah dibuka dan akan ditutup pada 30 April 2019 pukul 24.00 WIB. Pengumumannya akan dikeluarkan pada 3 Mei 2019 di website www.foodstartupindonesia.com. Sedangkan untuk Kreatifood, pengumumannya akan keluar pada 3 Mei 2019 di website www.kreatifood.id. (*)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun