Mohon tunggu...
Aang Sutrisna
Aang Sutrisna Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Short time worker at several development agencies

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Ini Baru Namanya Reformasi...

11 Juni 2014   16:03 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:14 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Puskesmas Waepena memulai rangkaian perubahan untuk menjadi penyedia layanan kesehatan yang lebih baik sekitar setahun lalu. Langkah pertama dan terberat menurut penuturan kepala puskesmasnya adalah membesarkan hati dan membuat semua staff mau menerima kritik masyarakat yang merupakan pelanggan utama  sebagai landasan perbaikan.  Kesulitan tersebut timbul sebagai akibat langsung sistem layanan publik di Nusantara yang sudah sekian lama menjadikan para pelayan rakyat selalu menjadi yang dilayani oleh masyarakat yang merupakan tuannya..... Setelah itu Puskesmas mengumpulkan tokoh masyarakat, lintas sektor dan para kader kesehatan masyarakat untuk memformulasikan topik dalam kuesioner survei "kritikan masyarakat" terhadap layanan yang ada, lalu mengadakan survei disemua desa yang menjadi wilayah kerjanya dengan kader masyarakat sebagai pencacahnya. Analisa sederhana hasil survei digunakan untuk memformulasikan "janji pelayanan" yang menjadi tanggung jawab penyedia layanan kemudian diucapkan dimuka umum dan ditempel disemua tempat layanan (puskesmas, pustu, poskesdes dan polindes). Semua rangkaian itu dilakukan secara mandiri oleh Puskesmas (tanpa konsultan survei seperti banyak organisasi pelayan lainnya) dan selesai dalam 2 bulan.... sederhana, murah dan tepat guna. Kotak saran sederhanapun disediakan agar pengguna bisa menilai dan mengingatkan janji yang belum terpenuhi secara berkelanjutan. Setiap Jum'at sore kotak itu dibuka, dibacakan dan didiskusikan bersama oleh semua staff. "Minggu lalu, dokter PTT yang baru bekerja disini menangis karena kotak saran penuh kritikan terhadap bu dokter... Saya bilang, suara rakyat suara tuhan, dan kita harus bersyukur karena mereka masih sayang kita dengan kasih kritikan" nasihat bidan Hety sang kepala Puskesmas kepada dokternya Layanan puskesmas Waepena kecamatan Soa - Ngada pun kini menjadi salah satu yang terbaik di tanah Flores... Luaaaaar biasa, semoga bisa ditularkan kesemua Puskesmas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun