Mohon tunggu...
Astri Nur Baiti
Astri Nur Baiti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiwi

Astri Nur Baiti adalah seorang mahasiswi Manajemen FEB UMY semester 6 yang memiliki minat pada bidang sumber daya manusia.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Bisnis Digital: Bantu UMKM Naik Kelas dalam Persaingan di Era Modern

15 Juni 2024   09:52 Diperbarui: 15 Juni 2024   10:02 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penggunaan bisnis digital. Foto: Pexels

Bisnis digital membuka peluang baru sekaligus menantang para pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing mereka. Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), adopsi strategi bisnis digital menjadi sebuah keharusan agar dapat bertahan dan berkembang menghadapi persaingan yang semakin ketat.

Peran Bisnis Digital

Memperluas Jangkauan Pasar dengan Digital Marketing

UMKM dapat meningkatkan visibilitas produk atau jasa mereka secara signifikan dengan memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk menjangka audiens yang lebih luas, tidak hanya di wilayah sekitar, tetapi juga di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Ilustrasi mengenalkan produk melalui media sosial. Foto: Pexels
Ilustrasi mengenalkan produk melalui media sosial. Foto: Pexels

Meningkatkan Efisiensi Operasional dengan E-Commerce

Dengan meminimalkan biaya sewa toko fisik dan mengurangi biaya operasional lainnya, UMKM dapat mengalokasikan sumber daya mereka dengan lebih efisien. Platform E-Commerce juga menawarkan fitur-fitur yang memudahkan pengelolaan inventaris, pemrosesan pesanan dan pengiriman sehingga membantu UMKM dalam meningkatkan produktivitas dan memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

Foto: Pexels
Foto: Pexels

Memberikan Nilai Tambah kepada Pelanggan melalui Customer Relationship Management

Platform CRM memungkinkan UMKM untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengelola data pelanggan secara terpusat dan terstruktur. Dengan memahami preferensi, perilaku, dan riwayat transaksi pelanggan, UMKM dapat memberikan pengalaman yang kebih personal dan relevan

Misalnya, menawarkan rekomendasi produk yang sesuai dengan minat pelanggan dan memberikan penawaran atau diskon khusus pada momen tertentu. CRM juga memfasilitasi komunikasi dua arah yang lebih erat dengan pelanggan melalui saluran digital seperti email, obrolan langsung atau media sosial.

Foto: Pexels
Foto: Pexels

Dengan memanfaatkan CRM secara optimal, UMKM dapat meningkatkan loyalitas yang pada akhirnya menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Bisnis digital memainkan peran krusial dalam membantu UMKM naik kelas dan bersaing di era modern. Dengan memanfaatkan plaform e-commerce, UMKM dapat serta meningkatkan produktivitas dan layanan pelanggan serta beradaptasi dengan cepat terhdap perubahan tren dan permintaan konsumen. Oleh karena itu, penting bagi pelaku UMKM untuk melek teknologi agar tidak kalah dalam persaingan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun