Mohon tunggu...
Asri Sulastri
Asri Sulastri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana Jurusan Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Menyukai review makanan dan kopi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Evaluasi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di MI Manba'ul Huda Kota Bandung

28 Juni 2024   13:30 Diperbarui: 28 Juni 2024   13:49 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Instagram mi_manbaulhuda

Evaluasi pendidikan memiliki peran yang sangat krusial dalam meningkatkan mutu pembelajaran di lembaga pendidikan, termasuk di MI Manba'ul Huda. Evaluasi yang sistematis dan terstruktur dapat membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, serta memberikan umpan balik yang konstruktif bagi guru dan siswa.

1. Definisi dan Tujuan Evaluasi Pendidikan

Evaluasi pendidikan adalah proses pengumpulan dan analisis informasi untuk menentukan sejauh mana tujuan pendidikan telah tercapai. Tujuan utama evaluasi adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan data yang akurat dan relevan bagi para pemangku kepentingan, seperti guru, siswa, dan pengelola sekolah.

2. Jenis-jenis Evaluasi Pendidikan

Terdapat beberapa jenis evaluasi pendidikan yang dapat diterapkan di MI Manba'ul Huda, di antaranya:

  • Evaluasi Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung untuk memberikan umpan balik langsung kepada siswa dan guru. Tujuannya adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran secara real-time.

  • Evaluasi Sumatif: Dilakukan pada akhir periode pembelajaran, seperti akhir semester atau akhir tahun ajaran, untuk menilai pencapaian keseluruhan siswa.

  • Evaluasi Diagnostik: Dilakukan sebelum proses pembelajaran dimulai untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kemampuan awal siswa.

3. Implementasi Evaluasi di MI Manba'ul Huda

Untuk meningkatkan mutu pembelajaran di MI Manba'ul Huda, evaluasi pendidikan harus diimplementasikan dengan baik melalui langkah-langkah berikut:

  • Perencanaan yang Matang: Merancang instrumen evaluasi yang valid dan reliabel sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun