Mohon tunggu...
Astrid Nadia Alimah
Astrid Nadia Alimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta

Membaca adalah hobi saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

RPP Luas Permukaan dan Volume Tabung Matematika Kelas VIII

17 Desember 2023   22:27 Diperbarui: 18 Desember 2023   01:09 1627
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Modul Ajar Luas Permukaan dan Volume Tabung

PENGGUNAAN ALAT UKUR

Fase D (VIII) Semester I (Ganjil)

INFORMASI UMUM

A. Identitas Modul

  • Nama Penyusun              : Astrid Nadia Alimah
  • Nama Sekolah                  : SMPN 2 TASIKMADU
  • Tahun Penyusunan         : 2023
  • Jenjang Sekolah               : SMP
  • Alokasi Waktu                  : 6 Jam Pelajaran (3 Pertemuan)
  • Elemen                                : Pengukuran
  • Capaian pembelajaran:
  • Di akhir fase D peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas lingkaran dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (tabung, bola, dan kerucut) dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, besar sudut, luas, dan/atau volume.

B. Kompetensi Awal

  • Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:
  • Memahami pengukuran bangun datar.

C. Profil Pelajar Pancasila

  • Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
  • Mandiri, ditunjukkan dengan memiliki prakarsa untuk mengembangkan diri dan tidak tergantung pada orang lain.
  • Kreatif, ditunjukkan dengan keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
  • Bernalar kritis, ditunjukkan dengan memproses, mengolah, menganalisis, dan merefleksi pemikirannya sendiri.

D. Sarana & Prasarana

  • Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
  • Laptop/LCD Proyektor
  • Perangkat komputer/Laptop/HP
  • Internet
  • Modul Ajar
  • Classroom
  • Alat tulis
  • Laboratorium Komputer

E. Target Peserta Didik

  • Peserta didik reguler

F. Model Pembelajaran yang Digunakan

  • Pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL)

KOMPONEN INTI

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun