Anda tentu pernah merasakan kepuasan atau ketidakpuasan saat membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu penjual...
Kepuasan atau ketidakpuasan tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas, harga, pelayanan, atau komunikasi. Dalam dunia bisnis, kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan atau kegagalan suatu penjual. Kepuasan pelanggan dapat meningkatkan hubungan antara penjual dan konsumen, yang berdampak positif pada loyalitas, kepercayaan, reputasi, dan profitabilitas penjual. Oleh karena itu, penjual harus berusaha untuk memenuhi atau melampaui harapan pelanggan, salah satunya dengan menggunakan bahasa yang komunikatif.
...
Dalam opini ini, saya akan menjelaskan mengapa kepuasan pelanggan penting untuk meningkatkan hubungan antara penjual dan konsumen, dan bagaimana penggunaan bahasa yang komunikatif dapat membantu mencapai kepuasan pelanggan.
...
Kepuasan pelanggan adalah tingkat kebahagiaan atau kesenangan yang dirasakan oleh pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa dari suatu penjual. Kepuasan pelanggan dapat definisikan dengan menggunakan berbagai metode, seperti survei, wawancara, observasi, atau analisis data. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas, harga, pelayanan, atau komunikasi. Kepuasan pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh harapan atau persepsi pelanggan terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh penjual. Jika harapan atau persepsi pelanggan sesuai atau lebih tinggi dari kenyataan.
Astrid Silpa I - Universitas Ahmad Dahlan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H