Mohon tunggu...
ASTRID IVANKA
ASTRID IVANKA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Interaksi yang terlalu intens akan sangat menguras mental dan emosional saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Kepuasan Pelanggan

13 November 2023   20:12 Diperbarui: 13 November 2023   20:43 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Anda tentu pernah merasakan kepuasan atau ketidakpuasan saat membeli atau menggunakan produk atau jasa dari suatu penjual...

Kepuasan atau ketidakpuasan tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas, harga, pelayanan, atau komunikasi. Dalam dunia bisnis, kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk menentukan kesuksesan atau kegagalan suatu penjual. Kepuasan pelanggan dapat meningkatkan hubungan antara penjual dan konsumen, yang berdampak positif pada loyalitas, kepercayaan, reputasi, dan profitabilitas penjual. Oleh karena itu, penjual harus berusaha untuk memenuhi atau melampaui harapan pelanggan, salah satunya dengan menggunakan bahasa yang komunikatif.

...

Dalam opini ini, saya akan menjelaskan mengapa kepuasan pelanggan penting untuk meningkatkan hubungan antara penjual dan konsumen, dan bagaimana penggunaan bahasa yang komunikatif dapat membantu mencapai kepuasan pelanggan.

...

Kepuasan pelanggan adalah tingkat kebahagiaan atau kesenangan yang dirasakan oleh pelanggan setelah menggunakan produk atau jasa dari suatu penjual. Kepuasan pelanggan dapat definisikan dengan menggunakan berbagai metode, seperti survei, wawancara, observasi, atau analisis data. Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kualitas, harga, pelayanan, atau komunikasi. Kepuasan pelanggan juga dapat dipengaruhi oleh harapan atau persepsi pelanggan terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan oleh penjual. Jika harapan atau persepsi pelanggan sesuai atau lebih tinggi dari kenyataan.

Astrid Silpa I - Universitas Ahmad Dahlan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun