Usaha Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu kompenen penting dalam pembangunan ekonomi negara berkembang. UMKM sangat membantu negara dalam  penguatan ekonomi. Di eralibelarisasi pasar saat ini banyak sekali persaingan usaha di bidang ekonomi khususnya perdagangan barang kebutuhan sehari-hari.Â
    Di era komperatif seperti saat ini, para wirausahawan harus dapat mengantisipasi perkembangan zaman dengan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan.Â
    Usaha ini tergolong usaha mikro kecil yang di mana setelah pembangunan Jembatan Bahteramas sangat begitu besar pengaruhnya yang berdampak terhadap usaha ini (sembako), karena kebanyakan konsumen beralih ke pasar kota karena dengan pembangunan jembatan tersebut memudahkan aktifitas para konsumen atau masyarakat sekitar untuk berbelanja ke pasar kota.Â
    Oleh karena itu, dengan berkurangnya konsumen sangat mempengaruhi omset yang di terima oleh usaha tersebut. Dan juga dapat di lihat bahwa semua tidak berdampak baik ataupun positif terhadap UMKM.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H