Generasi Z, yang terdiri dari orang-orang yang lahir antara tahun 1996 dan 2010, telah berkembang menjadi kelompok konsumen yang signifikan di pasar global. Saat ini banyak anak muda atau generasi Z yang lebih banyak menggunakan media social sebagai tempat berbelanja kebutuhan baik kebutuhan primer, Sekunder dan Tersier.
Gen Z adalah salah satu generasi yang menjadi pencetus atau terbentuknya tren yang ada seperti fashion terkini, dengan pengaruh yang signifikan terhadap dinamika pasar fashion di tahun 2024. Kelompok usia ini, yang dikenal akan keberaniannya dalam bereksperimen dan mengekspresikan diri, telah membawa angin segar ke dalam industri fashion. Salah satu tren yang sedang di gandrungi di kalangan gen Z atau anak muda saat ini seperti Skena, Y2k, dan old School. Tren-Tren tersebut semua berasal dari pengaruh Media Sosial yang berkembang pesat pada era Digital saat ini, Integrasi teknologi dalam fashion, seperti wearable tech seperti jam pintar dan pakaian yang terhubung, menunjukkan bagaimana Gen Z menggabungkan kecintaan mereka pada teknologi dengan gaya pribadi.
Teknologi sekarang berkembang melalui banyak bidang salah satunya di bidang bisnis, dimana bisnis penjualan tidak harus selalu di pasar Tradisional atau di mall-mall besar atau memiliki toko sendiri. Penjualan dapat melalui e commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Tiktok Shop. Melakukan penjualan melaui platform pihak ke 3 juga merupakan cara baru untuk memasarkan produk terutama produk-produk yang sedang Tren di pasaran. Seseorang yang berjualan di e-commerce tidaklah harus seseorang yang memiliki produk tersebut bisa saja dia memasarkan produk tersebut sebagai affiliator. Menurut KBBI Affiliator sendiri adalah sebutan untuk orang yang mempromosikan atau memasarkan produk tertentu kepada calon konsumen sehingga mereka tertarik untuk membeli produk tersebut. Seorang Gen Z tidak hanya menilai suatu produk dari hanya apa yang produk tersebut tawarkan akan tetapi mereka juga melihat siapa yang memasarkan dan menggunakan produk tersebut. Salah satu contoh dari pemasaran produk digital marketing adalah dengan menggunakan jasa influencer dengan jenis influencer yang sesuai dengan produk yang akan di promosikan
Dengan munculnya influencer, yang memiliki dampak kuat pada banyak konsumen yang merupakan pengguna media social yang mayoritas adalah Gen Z, cara perusahaan berkomunikasi dengan konsumen juga telah berubah. Salah satu contoh pemasaran yang menggunakan influencer seperti produk fashion yang menggunakan artis sebagai brand abasador seperti Erigo yang menggunakan jasa JKT 48 untuk mempromosikan produk mereka. Dalam dunia bisnis, digital marketing berfungsi sebagai alat informasi untuk membuat merek dikenal oleh masyarakat. Di sisi lain, merek biasanya digunakan sebagai alat untuk mengukur kinerja UMKM. Media sosial memiliki peran penting dalam mempertahankan dan meningkatkan daya saing UMKM di mata masyarakat umum.
Dengan menggunakan marketing online untuk membantu berbagai jenis usaha baik dalam sekala kecil maupun besar. Konsultan Marketing dapat membantu Pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UMKM), berdasarkan undang-undang no 20 tahun 2008 UKM adalah usaha produktif milik orang perorangan dan / atau badan usaha perorangan. Suatu usaha masuk dalam kriteria usaha mikro apabila badan usaha tersebut memiliki omzet atau kekayaan bersih mencapai Rp 50.000.000,- tidak termasuk bangunan dan tanah. Selain itu, hasil dari penjualan usaha mikro tersebut harus mencapai minimal Rp. 300.000.000,- dalam jangka satu tahun. Dalam kondisi saat ini sudah mulai dilirik dalam pemanfaatan digital marketing khususnya untuk kalangan bisnis dikarenakan adanya perubahan perilaku konsumen dari yang sebelumnya berbelanja secara offline sekarang online. Perubahan ini yang membuat para pelaku bisnis khususnya UMKM untuk aktif didunia digital dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan lain-lain. Wadah untuk memberikan layanan jejaring sosial dalam berbagi cerita dengan gambar digital atau video yang berbasis internet seperti Instagram, facebook, tiktok, dan lain-lain. Kendala dalam melakukan bisnis di era digital salah satunya adalah di bagian marketing atau pemasaran yang di karenakan kurangnya pengalaman atau pengetahuan dari pemilik usaha dalam memasarkan produk mereka yang dapat berupa barang ataupun jasa.
Dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul di bidang pemasaran, keberadaan jasa konsultan marketing online semakin penting dan relevan. Kebutuhan akan layanan konsultasi ini sering kali muncul sebagai respons terhadap persaingan yang semakin ketat di pasar. Di dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang dan penuh kompetisi, perusahaan dituntut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang tidak hanya inovatif tetapi juga mampu membedakan mereka dari pesaing. Di sinilah peran konsultan marketing sangat dibutuhkan mereka menyediakan panduan dan dukungan yang diperlukan untuk membantu perusahaan merancang strategi yang dapat mengoptimalkan potensi mereka serta menjangkau konsumen target secara lebih efektif.
Jasa konsultasi marketing online berfungsi sebagai solusi strategis bagi perusahaan-perusahaan yang ingin memanfaatkan sepenuhnya potensi pemasaran digital yang ada. Para konsultan ini menawarkan saran dan masukan yang efektif dan strategi yang dibutuhkan untuk memperkuat kehadiran online suatu merek, memungkinkan mereka untuk menjangkau audiens yang lebih luas, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan serta menghasilkan ROI (Return on Investment) yang lebih baik.
Tujuan utama dari jasa konsultasi marketing adalah untuk membantu klien dalam meningkatkan omzet, membangun kesadaran merek, dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital mereka. Untuk mencapai tujuan-tujuan ini, sangat penting bagi konsultan untuk melakukan riset pasar yang mendalam, memanfaatkan platform media sosial secara efektif, menyusun laporan berkala untuk mengukur kemajuan, serta menjaga komunikasi dan umpan balik yang efektif dengan klien. Dengan pendekatan yang tepat dan strategi yang terencana, usaha konsultasi marketing online dapat memberikan nilai tambah yang signifikan dan membantu klien meraih kesuksesan di pasar yang kompetitif ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H