Mohon tunggu...
Asti Widayanti
Asti Widayanti Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi

Terus melangkah, mencoba menebarkan kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelatihan Service Excellent-DPMPTSP Kabupaten Bandung

1 September 2022   15:53 Diperbarui: 1 September 2022   16:07 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pelayanan prima atau Service Excellent sangat dibutuhkan di dunia bisnis, hal ini dilakukan agar pelanggan merasa puas, nyaman dan senang. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelayan masyarakat Kabupaten Bandung dapat memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat.

Tim Dosen Fakultas Komunikasi Bisnis dan Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom melaksanakan program kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema "Service Excellence" kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung yang diketuai oleh  Asti Widayanti, S.Si, M.T.

Dalam melayani masyarakat, dibutuhkan pengetahuan dan skill dalam berkomunikasi. "68% pelanggan pergi dari sebuah bisnis dikarenakan pelayanan yang buruk dan mengecewakan, sisanya karena meninggal, pindah tempat tinggal dan lain lain". Ujar pemateri Dini Salmiyah Fithriah Ali, SS., M.Si.  Untuk memberikan pelayanan yang terbaik tidaklah mudah, terutama dengan kemajemukan masyarakat yang ada saat ini. Hal ini yang mendasari Universitas Telkom untuk memberikan peningkatan kemampuan serta pengetahuan dalam service excellent. Pemateri juga memaparkan bagaimana cara memberikan komunikasi yang baik dari hal yang mendasar seperti menatap mata, artikulasi yang jelas karena tantangan hari ni kita berbicara dengan menggunakan masker.

Pemateri kedua Indra Novianto Adibayu Pamungkas, SS., M.Si. juga memberikan materi tentang komunikasi efektif. Ia mengatakan "Komunikasi tidak hanya sekedar berbicara di depan saja, melainkan bagaimana kita belajar mendengarkan, mengatur pola nafas, hingga memilih kata-kata yang tepat untuk berbicara kepada masyarakat". Indra Novianto selaku pemateri juga memberikan pengetahuan dengan cara mempraktekkan langsung olah nafas, olah vocal, olah nafas. Di akhir kegiatan juga dilaksanakan roleplay dalam dalam menangani permasalahan yang ada. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 25 Agustus 2022 ini dihadiri oleh 29 Peserta dan 10 tamu undangan. Program ini diharapkan mampu memberikan bekal kepada peserta dalam melayani masyarakat sehingga dapat mewujudkan service excellent yang sebenarnya.

"Dengan adanya pelatihan ini, kami segenap pelayan masyarakat yang awalnya baik dalam melayani masyarakat diharapkan bisa menjadi lebih baik. Dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu bagaimana dalam bersikap saat melayani masyarakat". ujar salah satu peserta pelatihan service excellent yang tergabung dalam Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Bandung

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun