Mohon tunggu...
Astika Febianti Viorencia Z
Astika Febianti Viorencia Z Mohon Tunggu... Hoteliers - Mahasiswa

Astika Febianti Viorencia Zahra adalah Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Kepelabuhan, STIAMAK Barunawati Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengalaman Berkarier di Hotel

21 Oktober 2020   15:30 Diperbarui: 21 Oktober 2020   15:33 1207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
HOTEL MERCURE JAKARTA KOTA (Sumber: hotelopedia.id)

Hotelier, pasti udah tidak asing dong dengan kata tersebut ? Yaps, Hotelier adalah seseorang yang bekerja di bidang pelayanan hotel. Menjadi seorang hotelier memang menyenangkan, selain mempunyai banyak kenalan dan menambah banyak pengalaman. Pasti banyak kan yang penasaran apa sih enaknya kerja di hotel ? Apa aja sih kriteria menjadi profesional hotelier itu ?

Well, sebenernya ada enak dan ga enaknya kerja di hotel. Contoh enaknya gaji terdiri dari 3 sumber (gaji pokok, service charge, & tip ), selain itu jatah makan juga disediakan dari hotel, gak perlu mikirin baju seragam belum di cuci karena biasanya hotel bintang 4/5 sudah menyediakan laundry, dan satu lagi loker hotel yang dilengkapi dengan kamar mandi dengan shower dan juga kasur untuk karyawan beristirahat.

Sebagai hotelier sejati tentu saja saya harus bersikap menyenangkan ke siapapun, tapi untuk berprofesi sebagai hotelier bukan hal yang mudah.

Jika kalian ingin menggeluti bidang ini, tentunya kalian harus tahan banting alias tidak mudah sakit hati dan kuat fisik. Karena hotelier itu sangat diwajibkan memiliki rasa loyalitas kerja yang tinggi, fisik yang kuat, dan siap mental tentunya . Saya bekerja di departemen F & B Service, sebagai waitress selama 2 tahun. Mendapat omongan kasar atau tidak enak didengar itu sangat lumrah di kuping para hotelier pastinya, tetapi kita harus menanamkan dalam diri kita sifat ikhlas dan lapang dada.

Dari sisi non teknis, seorang hotelier perlu mempunyai Knowledge, skill, selain attitude yang sudah dijelaskan. Contohnya saya di departemen F&B, seorang Waitress wajib mengetahui Squence Of Service, yaitu tahapan dalam memberikan pelayanan sejak tamu datang sampai meninggalkan restoran. Itu merupakan pengetahuan dasar yang harus di miliki oleh seorang Waitress.

Nah, selain attitude, knowledge, dan skill. Penampilan merupakan hal penting yang harus diperhatikan, karena penampilan adalah gambaran fisik yang pertama dilihat oleh orang lain. Penampilan yang menunjukkan jiwa hotelier yang profesional dilihat dari cara berpakaian, tata rias wajah & rambut, kumis, aroma tubuh dan sebagainya. Jika kalian berpenampilan dengan rapih pasti akan di hargai oleh orang lain dan menunjukkan kepribadian yang baik. Sudahkah kalian berpenampilan dengan baik ? Ayo evaluasi diri kalian apakah kepribadian dan penampilan kalian sudah memenuhi kriteria sebagai profesional hotelier ? Jika belum ayo segera !

Astika Febianti V.Z

STIAMAK Barunawati

www.stiamak.ac.id

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun