Mohon tunggu...
Asti Nurhayati
Asti Nurhayati Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Interest in hospital administration, universal health coverage, and health economic

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Mobile JKN

20 Desember 2022   11:50 Diperbarui: 20 Desember 2022   12:14 703
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan, BPJS kesehatan memberikan layanan yang berbasis teknologi informasi yaitu inovasi terbaru yang dikembangkan oleh BPJS kesehatan yaitu mobile JKN. Mobile JKN ini merupakan suatu aplikasi BPJS kesehatan yang semula berupa kegiatan administrasi yang dilakukan di kantor cabang atau faasilitas kesehatan, yang diubah dalam bentuk suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat maupun peserta kapanpun dan dimanapun.

Aplikasi mobile JKN merupakan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone. Aplikasi ini menjadi terobosan terbaru BPJS Kesehatan yang dapat memberikan kemudahan untuk mendaftar, dan merubah data kepesertaan, mudah untuk mendapatkan informasi data peserta keluarga, mudah dalam melihat biaya pembayaran iuran peserta, kemudahan mendapatkan layanan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan FKTL (Fasilitas Rujukan Tingkat Lanjutan) serta mudah bagi masyarakat jika ingin menyampaikan saran maupun keluhan. Begitupun dapat memudahkan pada saat lupa membawa kartu cukup klik saja aplikasi ini maka kartu JKN bisa langsung diperlihatkan kepada petugas dan pada aplikasi ini terdaftar secara per kartu keluarga bukan individu.

Oleh karena hal tersebut Universitas 'Aisyiyah Surakarta bekerjasama dengan National Taipe University of Nursing and Health Sciences, Department of Information Management, Taiwan mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 

Kegiatan ini bertemakan tentang Jaminan Kesehatan Nasional. Pemilihan tema didasari karena kasus covid-19 yang fluktuaktif dan perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan masyarakat mulai beralih ke aplikasi telemedicine dalam mengakses layanan kesehatan. Aplikasi telemedicine yang dimiliki BPJS adalah aplikasi mobile JKN. 

Saat ini penggunaan aplikasi mobile JKN dinilai bermanfaat untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan BPJS tanpa perlu datang ke kantor. Pemilihan termpat kegiatan pengabdian masyarakat ini dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat terkait penggunaan aplikasi mobile JKN untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan. 

Dengan aplikasi ini khususnya saat Pandemic Covid-19 dapat membantu masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan dengans mudah. Selain itu dengan memanfaatkan teknologi dapat menurunkan mobilitas masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.

Aplikasi ini dinilai dapat membantu masyarakat khususnya dalam layanan JKN. Misal untuk melakukan konsultasi dokter, pembayaran premi, mengecek ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, mengecek riwayat penyakit, dan layanan untuk pindah faskes. Pembangunan kesehatan menjadi salah satu focus program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Pembangunan kesehatan diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumberdaya manusia Indonesia.

Sebagaimana yang tertera didalam Undang- Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jminan Sosial Nasional (SJSN) yang mengatakan bahwa adanya jaminan sosial yang diwajibkan bagi seluruh masyarakat Indonesi yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. BPJS merupakan badan suatu badan hukum yang dibentuk untuk melaksanakan program jaminan kesehatan. Penyelenggaran jaminan kesehatan merupakan perwujudan dari perlindungan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia oleh pemerintah agar terjamin dalam memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat.

Dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan, BPJS kesehatan memberikan layanan yang berbasis teknologi informasi yaitu inovasi terbaru yang dikembangkan oleh BPJS kesehatan yaitu mobile JKN. Mobile JKN ini merupakan suatu aplikasi BPJS kesehatan yang semula berupa kegiatan administrasi yang dilakukan di kantor cabang atau faasilitas kesehatan, yang diubah dalam bentuk suatu aplikasi yang dapat digunakan oleh masyarakat maupun peserta kapanpun dan dimanapun.
Aplikasi mobile JKN merupakan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone. Aplikasi ini menjadi terobosan terbaru BPJS Kesehatan yang dapat memberikan kemudahan untuk mendaftar, dan merubah data kepesertaan, mudah untuk mendapatkan informasi data peserta keluarga, mudah dalam melihat biaya pembayaran iuran peserta, kemudahan mendapatkan layanan FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan FKTL (Fasilitas Rujukan Tingkat Lanjutan) serta mudah bagi masyarakat jika ingin menyampaikan saran maupun keluhan. Begitupun dapat memudahkan pada saat lupa membawa kartu cukup klik saja aplikasi ini maka kartu JKN bisa langsung diperlihatkan kepada petugas dan pada aplikasi ini terdaftar secara per kartu keluarga bukan individu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun