Mohon tunggu...
Assyifa Nurf
Assyifa Nurf Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Joseph Juran

2 April 2024   00:45 Diperbarui: 2 April 2024   00:59 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dr. Joseph M. Juran diakui sebagai salah satu "Bapak Kualitas". Joseph M. Juran, yang lahir di Rumania pada tahun 1904 dan pindah ke Minnesota, AS pada tahun 1912, menunjukkan minat yang besar untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan sejak usia dini. Pada tahun 1924, Dr. Juran lulus sebagai insinyur listrik dan dipekerjakan oleh Western Electric di Hawthorne Works (kemudian AT&T). Di sana ia mulai mengerjakan prinsip-prinsip universal, dimulai dengan Prinsip Pareto. Pengenalan awal terhadap analisis dan manajemen kualitatif akan membentuk sisa hidupnya. Setelah Perang Dunia II, Juran menjadi profesor teknik industri di Universitas New York, mengajar manajemen mutu.
Dalam merencanakan mutu pendidikan, Joseph Juran menggunakan pendekatan Manajemen Mutu Management (Strategic Quality Management) yang banyak dibicarakan dan di terapan ahir-ahir ini. SQM (Strategic Quality Management), adalah sebuah proses tiga bagian yang didasarkan pada staf pada tingkat yang berbeda yang memberi kontribusi unik terhadap peningkatan mutu. Pimpinan lembaga memiliki pandangan strategis tentang organisasi atau lembaga, wakil pimpinan memiliki pandangan operasional tentang mutu, dan para guru memiliki tanggung jawab terhadap kontrol mutu.
SQM (Strategic Quality Management), cocok diterapkan dalam konteks pendidikan sejalan dengan gagasan Consultant at Work oleh John Miller dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. John Miller berpendapat bahwa manajemen senior (Dewan Rektor) perlu menggunakan manajemen mutu strategis dengan cara menyusun visi, prioritas dan kebijakan universitas.
Joseph Juran dalam Rusman (2009:56) memperkenalkan tiga proses kualitas atau mutu diantaranya sebagi berikut:
1) Perencanaan mutu (quality planning) yang meliputi kualitas pelanggan, menentukan kebutuhan pelanggan, menyusun sasaran mutu, dan meningkatkan kemampuan peroses.
2) Pengendalian mutu (quality control), terdiri dari memilih dasar pengendalian, memilih jenis pengukuran, menyusun standar kerja, dan mengukur kinerja yang sesungguhnya.
3) Perbaikan dan peningkatan mutu (quality improvement), terdiri dari: mengidentifikasi perbaikan khusus, mengorganisasi lembaga untuk
8)Mengomunikasikan hasil,
9)Melaporkan perubahan dan
10)Mengembangkan peningkatan tahunan pada seluruh proses pendidikan.
Dalam mengelola mutu pendidikan, hemat penyusun seorang pimpinan harus memperhatikan komponen-komponen diatas, selain itu harus mengevaluasi sejauh mana keberhasilan yang telah dilakukan yang berkaitan dengan perencanaan The Juran Trilogytentang mutu (Quality Planning), pengendalian mutu (Quality Control), dan perbaikan serta peningkatan mutu (Quality Improvement)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun