Mohon tunggu...
assyifa
assyifa Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa psikologi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kecerdasan Emosional: Manfaat bagi Karir.

12 Juli 2023   13:49 Diperbarui: 24 Juli 2023   04:39 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh Assyifa Rahadatul' Aisy, Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.

Kecerdasan emosional telah menjadi topik yang semakin populer dalam kesuksesan dalam karir. Sementara pengetahuan dan keterampilan teknis memainkan peran penting dalam kemajuan karir. Kemampuan mengelola emosi, memahami orang lain, dan membentuk hubungan yang sehat juga merupakan faktor penting dalam kesuksesan dalam karir. Nah apa sih kecerdasan emosional itu dan manfaatnya bagi karir? yuk kita bahas..

Kecerdasan Emosional atau emotional quotient (EQ) mengacu pada kemampuan individu untuk secara efektif mengenali, memahami, mengelola dan menggunakan emosi mereka sendiri dengan baik. Ini termasuk kemampuan untuk mengenali perasaan orang lain dan membentuk hubungan yang kuat antara mereka. Kecerdasan emosional ini mencakup keterampilan seperti kesadaran diri, pengelolaan stress, rasa empati, motivasi diri, dan kemampuan dalam berkomunikasi.

Manfaat Kecerdasan Emosional bagi Karir

Kecerdasan emosional menyumbang sebesar 80% dalam keberhasilan seseorang sedangkan sebanyak 20% ditentukan oleh IQ. 

Angka yang besar banget ya 80%. Nah, kalian jangan cuma mengandalkan IQ saja, tapi kecerdasan emosional juga. Karena, dalam karir kecerdasan emosional sangat dibutuhkan. Apa aja sih manfaat nya? Baca terus sampai habis ya!

1. Komunikasi yang efektif

Ini salah satu manfaat dari kecerdasan emosional, lho! apalagi di kehidupan kerja kita pasti butuh orang lain. komunikasi merupakan kunci dari hubungan bersosialisasi. Kita bisa mengontrol emosi kita ketika sedang berbicara dengan rekan kerja dan menghargai ketika rekan kerja memberikan pendapatnya. 

2. Manajemen stres

Dalam dunia kerja pasti membuat kita cape dan stres dengan segala kegiatannya yang dapat mengganggu aktivitas kita. Maka dari itu pentingnya memiliki kecerdasan emosional yang dapat membantu kita untuk meminimalisir nya. Serta dapat mudah beradaptasi dengan segala kegiatan nya.

3. Memecahkan masalah atau problem solving

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun