Mohon tunggu...
Asri Nurmala
Asri Nurmala Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Implementasi Data Mining pada Bidang Bisnis

5 April 2019   01:39 Diperbarui: 5 April 2019   13:03 5506
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pembahasan kali ini mengenai implementasi data mining pada bidang bisnis, terutama dalam strategi penjualan. Banyak sekali tujuan diimplementasikannya data mining dalam bidang bisnis, seperti profile customer, identifikasi kebutuhan konsumen, menilai loyalitas customer dan lain-lain. 

Artikel ini membahas strategi penjualan dengan menggunakan data mining. Strategi penjualan yang dimaksud adalah suatu cara dengan mengaplikasikan konsep data mining agar mencapai tujuan tertentu. Mari simak ulasan di bawah ini. 

(Baca juga: Apa itu Data Mining?)

Jika melihat keadaan bisnis saat ini, E-Commerce menjuarai. Jual-beli online sudah menjadi kegiatan sehari-hari. Sebenarnya hal ini terjadi karena melihat kebutuhan masyarakat yang saat ini memang membutuhkan. 

Hal ini merupakan sebuah strategi penjualan dalam berbisnis. Jika dulu ketika ingin membeli barang, kita harus menuju toko kemudian bertransaksi langsung disana, sekarang hanya tinggal klik lalu bayar, barang diantar. Lazada, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya merupakan contoh dari inovasi penjualan elektronik. Hal ini juga yang memicu persaingan antar perusahaan. 

Contoh saja, Matahari Department Store yang bertransformasi menjadi penjualan online. Mereka yang bersaing dalam bisnis tentunya terus berinovasi dalam menciptakan strategi baru. 

Nah, saat ini strategi penjualan tidak hanya membuat penjualan elektronik, tetapi bagaimana perusahaan melayani pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam berbelanja (Customer Relationship Management/CRM).

CRM adalah strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi. Membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada, pelanggan yang puas dan loyal. 

Tujuan dari CRM adalah untuk mengetahui sebanyak mungkin tentang bagaimana kebutuhan dan perilaku pelanggan, untuk selanjutnya memberikan sebuah pelayanan yang optimal dan mempertahankan hubungan yang sudah ada, karena kunci sukses dari bisnis sangat tergantung seberapa jauh kita tahu tentang pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka. 

Sulit bagi sebuah perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan kepemimpinan dan profitabilitas tanpa melakukan fokus secara berkesinambungan yang dapat dilakukan pada CRM. CRM menjangkau banyak bidang termasuk Penjualan, Pelayanan Pelanggan, dan Pemasaran.

Hal ini berkaitan dengan konsep data mining dalam mencapai tujuan CRM. Bagaimana pelanggan senang dan mudah dalam berbelanja, puas dengan pelayanan yang diberikan. Lalu, bagaimana penerapan data mining di dalamnya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun