Mohon tunggu...
Asri Kinanti Febriany
Asri Kinanti Febriany Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Implementasi Gamifikasi pada Dunia Pendidikan

27 Juli 2022   20:41 Diperbarui: 27 Juli 2022   21:13 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan sudah termasuk ke dalam kebutuhan dasar setiap manusia karena dengan memperoleh pendidikan, manusia akan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Pendidikan juga merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan suatu negara, dengan tingginya tingkat pendidikan suatu negara maka dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan ikut andil dalam membangun negaranya. 

Salah satu faktor yang perlu kita amati  ialah rendahnya minat belajar dari para pelajar. Entah itu karena materi yang membosankan atau kualitas pengajar yang kurang disenangi oleh pelajar. Terkadang pelajar perlu disuguhkan sesuatu yang menarik dan menyenangkan agar mereka dapat lebih fokus dan paham pada materi yang diberikan oleh pengajar. Maka hal yang perlu kita cermati disini yaitu bagaimana agar pelajar dapat tertarik dan bersemangat dalam mengikuti dan memahami materi yang diberikan pengajar. Seiring dengan perkembangan teknologi, maka hal - hal yang dulunya bersifat tradisional bisa kita modifikasi menjadi sesuatu yang lebih modern dan menarik. Begitu juga dalam bidang pendidikan.

Pada Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka batch 2, saya Asri Kinanti Febriany selaku mahasiswa yang mengikuti program dari pihak ICE Institute atau Universitas Terbuka dengan mengambil salah satu mata kuliah dari program Microcredential Game Developer yaitu mata kuliah Educational Game Development. Pada mata kuliah ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan terlebih kepada proses pembuatan game edukasi berupa visual novel dengan menggunakan engine RenPy. 

Dalam upaya untuk membantu masyarakat terutama para pengajar untuk meningkatkan minat belajar dan memodifikasi cara mengajar yang lebih menyenangkan, maka gamifikasi adalah salah satu solusinya. Untuk itu mari kita bahas apa itu gamifikasi. 

Gamifikasi adalah penerapan teknik dan strategi dari sebuah permainan ke dalam konteks non permainan untuk menyelesaikan suatu masalah. Metode ini bekerja dengan cara membuat materi atau teknologi menjadi lebih menarik dengan mendorong pengguna untuk ikut terlibat dalam perilaku yang diinginkan. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan partisipasi, motivasi, dan prestasi audiens. 

Meski awalnya banyak digunakan untuk marketing, gamifikasi kini banyak diterapkan dalam dunia pendidikan. Metode pembelajaran gamifikasi berarti menerapkan prinsip kerja sebuah permainan ke dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan mengubah perilaku siswa. 

Elemen penting yang ada pada gamifikasi yaitu; achievements, avatars, badges, collections, combat, content unlocking, gifting, leaderboards, levels, points, quests dan goods. Dengan adanya elemen-elemen tersebut, pelajar dapat bermain sambil belajar sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi lebih menantang dan menyenangkan. Untuk contoh penerapan gamifikasi yang telah saya dan tim saya kerjakan yaitu ada pada link berikut https://capstone47.itch.io/story-of-fuddy.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun