KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Evaluasi merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran karena anak usia dini memiliki karakteristik yang berbeda dan unik dibanding anak usia sekolah. Evaluasi sendiri memiliki pengertian proses yang sistematis tentang penafsiran, pengumpulan, penganalisisan, dan juga keputusan tentang informasi yang telah dikumpulkan. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pendidik  dalam menyampaikan materi kepada peserta didiknya atau untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kelemahan suatu proses pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Tujuan evaluasi terhadap pembelajaran anak usia dini diantaranya yaitu :
1. Â Memperbaiki kegiatan pembelajaran sesuai dengan perkembangan anak usia dini
2. Â Mengidentifikasi kebutuhan dan minat anak
3. Â Mengembangkan kurikulum pendidikan
4. Â Mendeteksi perkembangan anak usia dini seperti masalah kesehatan anak, motorik anak, bahasa, kognitif, serta perkembangan sosial-emosional anak
5. Â Mengevaluasi akuntabilitas lembaga dan juga program pendidikan
Adapun beberapa istilah dalam evaluasi, yaitu :
a) Â Evaluasi. Evaluasi dapat juga dikatakan sebagai proses memperoleh, merencanakan, dan memuat informasi yang sangat penting dan diperlukan untuk membuat suatu keputusan.
b) Â Penilaian.