Mohon tunggu...
Asrari Zikran Asnawi
Asrari Zikran Asnawi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis Pemula

hanya seorang biasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Media Sosial, Sarana Perbaikan Masalah Sosio Ekonomi di Masa Pandemi

19 Februari 2021   16:30 Diperbarui: 19 Februari 2021   16:31 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di abad moderen ini , Sosial Media bukanlah merupakan suatu hal yang baru dalam kehidupan masyarakat, banyak masyarakat pada era moderen ini memanfaatkan sosial media dengan cukup baik sebagai wadah untuk berbagi informasi, baik informasi yang menyangkut ide-ide pribadi maupun informasi yang berkaitan tentang masalah-masalah ataupun fenomena-fenomena yamg terjadi di lingkungan sekitar mereka, mulai dari masalah sosial, ekonomi, juga fenomena seputar politik dan agama, dengan adanya media sosial pula, masyarakat cenderung menyampaikan aspirasi mereka secara pribadi, baik itu ide-ide pada benak mereka maupun opini berbunyi protest terhadap keadaan hidup yang mereka jalani.

Di samping itu, terkait tentang kebebasan berekspresi di media sosial juga telah membangkitkan kreatifitas pada diri masyarakat itu sendiri, mulai dari penyampaian hasil karya berupa foto, video, dan lain sebagainya yang menjadi buah karya dari masing-masing pribadi, hal tersebut menjadikan sosial media menjadi wadah yang amat di gandrungi terutama kaum muda-mudi.

Sosial media juga telah memberikan perubahan pada sebagian orang, contoh : mereka-mereka yang memiliki pribadi introvert atau yang kurang percaya diri dalam berbicara di halayak ramai, mereka mulai bisa mengekspresikan diri mereka ke publik tanpa perlu merasa malu, kenapa?, Karena di sosial media anda dapat mebagikan apa yang anda simpan berupa rekaman video, foto, ataupun tulisan-tulisan yang merupakan hasil karya anda sendiri, tentu saja hal-hal tersebut tak perlu di rekam secara live atau langsung, mereka yang cenderung malu menunjukan hasil karya-nya atau ekspresi diri mereka ke halayak ramai, mereka dapat merekamnya terlebih dahulu, meng-edit, dan menilai terlebih dahulu pada video tersebut, foto, atau pun tulisan mereka, apakah apa yang telah mereka ciptakan tersebut terlihat baik dan bagus di depan umum (apa bila di lihat atau pun di tonton halayak ramai), bukan kah hal tersebut sangat membantu mereka-mereka untuk tampil lebih baik sesuai dengan penilaian mereka sendiri, begitu lah sosial media bekerja dalam membantu pribadi yang memiliki kekurangan dalam kepercayaan diri mereka.

Tidak sampai disitu saja, sosial media bahkan kini membantu para masyarakat dalam membangun ekonomi di tengah keterpurukan akibat pandemi covid-19, banyak masyarakat yang terkena dampak ekonomi pada masa ini, di mana sebagian kehilangan pekerjaan akibat pengurangan pegawai, hal tersebut menghasilkan masalah keuangan pada rumah tangga individu tersebut, bagaimana sosial media membantu perekonomian masyarakat?, salah satunya  seperti membuka usaha toko secara online, dan mempromosikannya melalui sosial media, tidak sampai di situ, media sosial bahkan kini menjelma menjadi seperti sebuah prusahaan maya yang memperkerjakan masyarakat yang berkecimpung di industri kreatif, apa maksudnya?, pernah dengar influencer?, content creator?, atau selebragm?, ya mereka-mereka yang memiliki bakat ataupun yang ingin berusaha menampilkan kreatifitas diri mereka ke pada publik, dahulu hal tersebut bukan hal yang mudah di lakukan, mengingat akses informasi ke halayak ramai bukan lah hal yang mudah untuk di dapatkan, namun hadirnya sosial media menjadikan hal tersebut sangat mudah dan sangat mungkin untuk di capai.

Bukan sekedar menjadi terkenal dan di lihat banyak orang, bahkan mendapatkan penghasilan melalui kreatifitas diri anda pun menjadi mungkin, di banyak platform sosial media belakangan ini menawarkan sumber penghasilan melalui pemasangan iklan pada konten-konten media sosial yang anda buat, tentu saja pemasangan iklan tersebut tidak mungkin anda gratiskan bukan?, pemasangan iklan pada konten yang anda buat merupakan sebuah jasa di mana beberapa organisasi ataupun prusahaan yang memerlukan jasa periklanan dapat anda tawarkan untuk memasarkan produknya berupa iklan pada sosial media anda (endorsement), seperti iklan berupa video berdurasi pendek pada konten video yang anda buat di youtube.com, apa bila anda menjadi seorang yang menampilkan kreatifitas diri anda di youtube.com atau yang biasa di kenal pada masayarakat saat ini sebagai youtuber, atau memasang iklan berupa video atau foto juga poster pada akun instagram, facebook, dan sosial media lainnya yang anda gunakan, atau memuat video pendek untuk mempromosikan suatu produk pada video di aplikasi tiktok yang saat ini banyak sekali di tonton oleh banyak kalangan di Indonesia, cukup banyak peluang di sosial media saat ini yang dapat menjadi sumber penghasilan dari para individu.

Cukup sampai di situ?, belum. sosial media juga kini bahkan bisa menjadi sarana anda membantu sesama, Dalam sektor UKM, dampak pandemi covid-19 juga berimbas pada rendahnya daya beli masyarakat, terutama pedagang-pedagang kecil, sosial media mengubah hal tersebut menjadi lebih baik:, pernah melihat video berdurasi pendek tentang sorang pedagang yang dagangannya selama hari itu atau bahkan mungkin setiap harinya tidak begitu laku akibat covid-19?, namun setelah video itu tersebar di media sosial dagangan orang tersebut menjadi laku dan ramai di kunjungi oleh orang-orang, dalam video tersebut sang peng-uploade video menceritakan kisah di balik video tersebut, di mana sang pedagang betapa menyedihkannya harus menghidupi keluarganya dengan menjual makanan dan sampai larut malam makanannya belom habis terjual untuk menghasilakn uang yang cukup untuk kebutuhan keluarganya di hari itu, video tersebut mendapatkan simpati dari banyak pengguna sosial media di mana video itu di bagikan, kemudai di cantumkan pula lokasi di mana pedagang tersebut biasa menjajaki dagangannya, maka banyak orang yang merespon hal tersebut dengan mendatangin lokasi tempat pedegang tersebut berjualan dan membeli dagangan pedagang tersbut, tidak jarang pula yang memanfaataka layanan antar ojek online untuk memesan dagangan tersebut, sampai akhirnya dagangan tersbut menjadi laku dan mengubah keadaan pedagang tersebut, ini merupakan The Power of Sosial Media, begitu kuat nya pengaruh sosial media hingga dapat memberikan sebuah perubahan.

Hal-hal di atas menjabarkan bagaimana sosial media amat membantu masalah-masalah sosio ekonomi di masyarakat selama masa pandemi ini, dan dengan hal-hal yang terus berjalan di sosial media tersebut juga di harapkan dapat terus membantu masalah sosio ekonomi masyarakat di masa depan terutama di Indonesia itu sendiri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun