Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai Budaya
Mohamad Asny Birru Zawali
asnyarkuza@gmail.com
Â
Abstrak
Keberhasilan sekolah dalam mencapai tujuan pendidikannya banyak bergantung pada hal  bimbingan kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Mengacu pada Pasal 15 Permendikbud No. 6 Tahun 2018 tentang Tugas Pokok dan Tanggung Jawab, Direktur Sekolah harus mengurus tugas manajerial yang paling penting, yaitu pengembangan kewirausahaan dan kepemimpinan di antara guru dan staf pengajar dan dikembangkan peningkatan mutu sekolah berdasarkan beberapa standar nasional yaitu Pelatihan, pelaksanaan tugas belajar dan pendampingan, Proses Pembelajaran dan pendampingan, dilanjutkan dengan sesi pelatihan, melakukan tugas belajar atau pendampingan di luar tugas pokoknya dan Promosi budaya Indonesia. Sekolah merupakan tempat berkembangnya budaya bangsa. Pembinaan budaya sekolah merupakan bagian terpenting yang tidak luput dari perhatian kepala sekolah. .
Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Budaya Sekolah
Â
Pendahuluan
Pendidikan menduduki posisi yang sangat vital dalam pembangunan suatu bangsa karena pendidikan memiliki output pada peningkatan mutu sumber daya manusia didalamnya. Pendidikanlah yang sangat diharapkan oleh pemerintah sebab sebagai generasi penerus negeri ini. Dengan pendidikan maka yakin memiliki generasi penerus yang cerdas intelektual, berkualitas, beriman, bertakwa, bermutu, serta mampu menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menjadi manusia yang terampil dan kreatif sesuai yang diperlukan oleh pribadinya masing-masing.[1] Â
Â