Mohon tunggu...
Asniah
Asniah Mohon Tunggu... Konsultan - UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Saya adalah orang yang kreatif dan terbiasa bersosialisasi, bertemu dengan orang baru tidak menjadi masalah bagi saya. Saya suka untuk mencari alternatif solusi dari berbagai permasalahan yang ada serta bersikap terbuka mengenai segala kemungkinan solusi yang terbaik. Dan saya juga seseorang yang teratur dan fokus terhadap hasil kerja. Meskipun begitu saya orang yang realistis ketika mengatur sebuah goal dan mencoba lebih baik dan efisien dalam mencapai goal tersebut. Hoby saya menulis, membaca dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Etika Perang: Sebuah Topik Ekumenis

9 Juli 2023   17:18 Diperbarui: 9 Juli 2023   17:43 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembahasan etika ekumenis kadang-kadang didefinisikan semata-mata dalam kaitannya dengan hubungan Protestan-Katolik. Hal ini menghilangkan gerakan oikumenis Protestan, yang seringkali berasal dari Konferensi Misionaris Dunia pada tahun 1910. Makna ekumenis yang lebih baru, yaitu dimensi Protestan-Katolik, berasal dari Konsili Vatikan II (1962--1965) yang membuka Katolikisme untuk keterlibatan ekumenis yang serius, sebuah perubahan besar dari empat abad sebelumnya.

Selama sebagian besar dari empat ratus tahun itu, teologi (dalam segala dimensinya yang beragam) telah dilakukan terutama dalam pengasingan konfesional. Pengecualian untuk pernyataan ini biasanya merupakan karya teolog individu yang melewati batas yang seringkali dijaga dengan hati-hati.

Yang cukup menarik, satu topik yang mempertahankan sejarah ekumenis terlepas dari perpecahan komunitas agama dan pemisahan gereja dan negara adalah topik perang dan perdamaian. Dalam tradisi Kristen, narasi sintetis standar etika dan perang dimulai dengan kitab suci Yahudi dan Kristen, pindah ke Agustinus (V430), kemudian ke Abad Pertengahan, dan ke karya Scholastics Spanyol dan Hugo Grotius (V1645), sebelum datang ke penulis abad kedua puluh. Tak pelak, karakter cerita yang terkompresi menghilangkan kompleksitas sejarah dan tekstual. 

Karya James Turner Johnson tentang Abad Pertengahan mengilustrasikan bagaimana sejarawan membuat sintesis menjadi narasi yang lebih kompleks dan lebih kaya.

Meskipun demikian, konvergensi Skolastik (Francisco de Vitoria [V1546] dan Francisco Surez [V1617]) dengan karya Grotius selanjutnya menunjukkan bahwa perbedaan agama tidak sepenuhnya menghilangkan kemungkinan analisis yang memiliki tujuan bersama dan menggunakan beberapa prinsip dan metode umum. . Era di mana mereka bekerja, selama dua ratus tahun, hampir tidak bisa disebut ekumenis, tetapi kesaksian mereka mencari batasan, pengekangan, dan rasa kemanusiaan kita yang sama terlepas dari konflik agama dan politik, adalah tema yang langka dan menyegarkan dalam bahasa kita. sejarah yang sering bertentangan.

Waktu dari Grotius hingga abad kedua puluh memiliki kerumitannya sendiri yang dapat diakui di sini tetapi tidak dapat ditelusuri kembali. Menemukan karya Little membutuhkan fokus pada abad terakhir dan abad ini. Memang kerangka yang relevan adalah periode antara Perang Dunia Kedua dan 2010. Garis dasar Perang Dunia II penting tidak hanya karena sifat konflik, metode dan caranya, tetapi juga karena argumen moral agama hanya berdampak kecil pada perang dan politik. Suara Reinhold Niebuhr dan John Bennett sangat penting dalam komunitas Protestan dalam membujuk komunitas yang sangat pasifis untuk mendukung partisipasi AS dalam perang. 

Demikian pula suara John Ford, SJ, selama perang, mengutuk kebijakan pengeboman pemusnahan (bersama dengan Niebuhr), bersaksi tentang kemampuan teologi Kristen untuk menghadapi dan mengatasi peperangan modern.

4 Tetapi penilaian pasca perang tentang peran moral agama pengaruh selama perang diberikan secara akurat oleh John Courtney Murray, SJ, berbicara kepada komunitas Katolik: "Saya pikir benar untuk mengatakan bahwa doktrin tradisional diabaikan selama Perang Dunia II. Ini bukan argumen melawan doktrin tradisional. Sepuluh Perintah tidak kehilangan relevansi imperatifnya karena fakta bahwa mereka dilanggar. Tapi ada tempat untuk mendakwa kita semua yang gagal menjadikan tradisi itu relevan."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun