Mohon tunggu...
asni asueb
asni asueb Mohon Tunggu... Penjahit - Mencoba kembali di dunia menulis

menyukai dunia menulis

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Jangan Pernah Menilai dari Luarnya

2 Januari 2020   18:20 Diperbarui: 2 Januari 2020   18:27 1113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

TAK KENAL MAKA TAK SAYANG

Hari ini membuat aku mewek, kata kata ini memeras perasaan. Status sahabat sekaligus keluargaku ini menyentuh hati, andai aku mampu berkata, dia adalah sahabat yang terbaik yang aku punya semasa aku berkeluarga.

Tulisan ini mengingatkan aku di sebelas tahun yang lalu. Anak kita sama sama di satu sekolah dan satu kelas. Jujur waktu itu aku bukanlah orang yang ramah apa lagi mau menegur sapa orang lain.  

Setiap mengantar anak, masuk dan membaca koran dan majalah.  Seperti dunia milikku sendiri, dan bernaung sendiri.  Bukan sekali dua kali, aku mendengar perbincangan ibu ibu mengenai diriku. Tapi tak terlalu aku gubris. 

Bagiku itu bukan masalah besar yang harus aku ajukan banding atau pembelaan diri cukup mereka melihat dan merasakannya bagaimana aku setelah mengenal aku.

Terkadang aku beranggapan untuk apa banyak teman, bermanis-manis, ramah, tersenyum dan sebagainya kalau hanya menjadikan diri mudarat dan  dan munafik, atau muka dua. Lebih baik seperti ini, diam, diam dan diam. Sebenarnya mudah sekali untuk berteman dengan diri ini tapi karena aku susah untuk menegur pertama kali.

Jangan pernah menilai seseorang lari luarnya saja, seperti penampilan, tutur kata, juteknya karena semua tidaklah menjamin orang itu buruk atau jelek. Sebisanya kita menyelami karakter dan sifat orang lain, jangan terburu buru untuk memfonis  dengan hanya melihat dengan sebelah mata.

Temanku tak banyak namun sahabat hatiku memenuhi ruang hatiku yang terdalam. Semoga kita bisa belajar untuk tidak memandang sebelah mata, mendekati lebih baik untuk memahami orang lain. Setelah paham kita baru bisa memberi penilaian tapi bukan untuk menjatuhkan

Ya Allah jadikan kami saudara sepanjang waktu hingga waktu itu terhenti atas kehendak Mu  ..Aamiin

Plaju, 02012020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun