Mohon tunggu...
Asma Hanna Shofiya
Asma Hanna Shofiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seorang pelajar yang sedang belajar

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Program Studi Gizi

6 November 2022   12:35 Diperbarui: 6 November 2022   15:51 96
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Gizi berasal dari kata "nutr" menjadi to nurture yang artinya memberi makan dengan baik. Gizi juga diadopsi dari Bahasa arab "ghiza" yang artinya makanan yang menyehatkan, sedangkan ilmu gizi adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang makanan yang dalam kaitannya dengan kesehatan yang optimal. Alasan saya memilih prodi ini adalah karena sesuai dengan deskripsinya, jurusan ini mempelajari segala seuatu tentang makanan. Saya memiliki hobi dan keahlian memasak, harapan saya dengan masuk ke prodi gizi bia membuat saya bukan hanya bisa memasak, tapi saya bisa memasak makanan yang bermanfat untuk tubuh.

Ada banyak hal yang dipelajari di prodi gizi, bukan hanya sekedar makanan yang baik dan buruk, dalam mata kuliah ilmu gizi dasar kami diajarkan sistem pencernaan manusia, bagaimana cara makanan itu diolah menjadi energi, makanan itu bisa membusuk, selain itu kami juga diajarkan tentang anatomi fisiologi yang mempelajari struktur tubuh manusia, dan cara kerjanya, diajarkan hubungan gizi pada tubuh. Dalam mata kuliah psikologi, mempelajari tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia, peran makanan yang bergizi untuk pertumbuhan dan perkembanan manusia. Kami juga diajarkan ilmu kimia yang juga punya peran penting untuk ahli gizi dalam mengetahui komposisi dari zat makanan dan minuman. Dalam mata kuliah ilmu bahan makanan kami diajarkan tentang kualitas bahan pangan yang baik dan buruk, dan manfaatnya.

Hal lain yang membuat saya memilih prodi gizi adalah karena saya ingin menjadi bagian yang bisa membantu kesehatan banyak orang lewat makanan dan ilmu yang saya punya. Saya juga ingin menyampaikan pada semua orang bahwa makanan adalah salah satu hal yang berpengaruh bagi kesehatan, maka kita harus makan makanan yang membawa manfaat bagi tubuh kita, terutama ke orang orang terdekat saya. Saat ini diindonesia memiliki dua masalah gizi, yaitu gizi berlebih dan kekurangan gizi, saya ingin ikut menjadi bagian yang dapat menyelesaikan masalah itu.

Nama : Asma Hanna Shofiya 

NIM : 2330022034

Prodi : S1 Gizi

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Tugas UTS Bahasa Indonesia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun