Melalui pemaparan materi dan sesi diskusi yang dibawakan oleh Expert Speaker dari Askpert.id, Pak Alan Syahputra, Growpreneur by BRI x Ruang & memberikan ruang eksplorasi bagi UMKM di industri kecantikan dan kesehatan yang kian berkembang pesat di Indonesia.
Memanfaatkan pengalaman profesionalnya selama lebih dari 8 tahun di bidang penjualan dan branding, Pak Alan menggarisbawahi peluang besar yang menanti UMKM kecantikan dan kesehatan melalui penggabungan saluran distribusi online dan offline.
Sebagai pembuka, beliau menyoroti pesatnya pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia, dengan peningkatan penjualan tahunan lebih dari 7%. Apalagi, dari 10 juta UMKM yang beroperasi di Indonesia, lebih dari seribu bergerak di bidang kecantikan.
Dengan konsumen yang menunjukkan kebiasaan pembelian yang dinamis dan beragam preferensi, wajar bila pasar ini menjadi lahan subur untuk ekspansi dan inovasi bisnis.
Sayangnya, meskipun sebagian besar UMKM ini sudah mengakarkan diri di ruang maya, masih ada keraguan tersendiri mengenai ekspansi ke toko-toko fisik.
Untuk mengatasi kekhawatiran para UMKM ini, Pak Alan memberikan beragam wawasan penting untuk meningkatkan permintaan pasar melalui strategi pemasaran online, teknik branding, dan metode iklan melalui word-of-mouth dan sosial media.
Dengan menerapkan strategi-strategi ini, diharapkan UMKM kecantikan bisa menjalani transisi yang lebih mulus ke toko-toko fisik dan menggaet 80% pembeli di Indonesia yang lebih condong berbelanja secara offline.
Sesi ini ditutup dengan tanya-jawab bersama finalis Growpreneur by BRI. Pak Alan membekali para pemilik UMKM dengan saran-saran terkait kinerja merek masing-masing, juga strategi-strategi yang sudah pernah dicoba oleh bisnis-bisnis kecantikan di Indonesia untuk meraih perhatian audiens dan membangun customer base yang loyal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H