Expert Speaker bukan hanya sekadar seoarang pakar atau narasumber yang memberikan presentasi atau pidato singkat, melainkan mereka adalah kesempatan besar bagi Anda untuk menginspirasi, membujuk, dan terhubung dengan audiens atau customer.Â
Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Expert Speaker agar Anda bisa meninggalkan kesan yang mendalam kepada audiens acara Anda.
Apa itu Expert Speaker?
Expert Speaker umumnya adalah pembicara, figur terkenal, atau narasumber yang memberikan presentasi utama di sebuah acara. Presentasi yang diberikan akan memperkenalkan tema besar atau ide utama dari diadakannya suatu acara. Di sebagian besar kasus, expert speaker yang menjadi bintang utama diberi jatah sekitar 45 hingga 60 menit.
Bila memberikan presentasi di akhir, expert speaker akan mampu membangun antusiasme dan antisipasi dari audiens. Sedangkan bila berbicara di awal acara, expert speaker berperan sebagai penyetel "nada" atau tema yang akan dibahas sepanjang acara.
Dalam sebuah acara, presentasi yang dibawakan oleh seorang expert speaker menjadi sorotan paling penting dan berada di atas pembicara-pembicara lain. Oleh karena itu, acara besar sering memanfaatkan expert speaker untuk menarik lebih banyak peserta.
Apa Fungsi dan Manfaat Expert Speaker Bagi Acara dan Bisnis?
Presentasi yang dibawakan expert speaker sering disebut keynote presentation atau keynote speech. Tergantung tipe materi yang dibawakan, keynote presentation punya beberapa tujuan dan manfaat.
Edukasi
Keynote presentation yang bersifat edukatif biasanya mengundang expert speaker untuk berbagi pengetahuan mereka tentang suatu topik spesifik. Keynote presentation semacam ini sering kali diadakan di acara konferensi, seminar, dan lokakarya.
Perusahaan-perusahaan juga dapat menggunakan keynote presentation untuk pelatihan internal, seperti program orientasi untuk karyawan baru, pelatihan berbasis keterampilan, atau pelatihan manajemen stres dan kesehatan mental.
Informasi
Ada pula keynote presentation yang fungsinya menginformasikan atau memberitahu audiens tentang berita baru, seperti hasil sebuah penelitian, peluncuran produk, atau laporan tahunan. Keynote presentation seperti ini biasanya diberikan di acara yang mengundang calon konsumen, investor, atau pemegang saham.
Motivasi
Di sisi lain, ketika penyelenggara acara ingin audiens bisa terinspirasi atau terbujuk melakukan sesuatu, yang diundang biasanya adalah expert speaker yang bisa memotivasi.
Topik yang dibahas bisa mengenai pengembangan diri atau pengalaman pribadi si keynote speaker saat meniti karier atau membangun usaha.
Hiburan