Apa Itu Market Survey?
Market survey, atau survei pasar, adalah proses meneliti dan menganalisis kebutuhan pasar akan barang atau jasa tertentu. Dengan melakukan market survey, perusahaan bisa mendapatkan umpan balik secara langsung dari target konsumen untuk memahami sifat, keinginan, dan kebutuhan mereka.
Ada empat tujuan dasar untuk survei pasar, menurut QuestionPro.com.
-
Mendapatkan feedback penting dari pelanggan
Mengenali kapasitas konsumen untuk membeli barang
Meningkatkan produk dan layanan yang sudah ada
Menghasilkan keputusan bisnis yang tepat
Berdasarkan tujuan market survey mereka, perusahaan dapat menggunakan beberapa jenis cara yang berbeda untuk mengumpulkan data.
Misalnya, survei online akan lebih menguntungkan saat Anda ingin menentukan buyer persona atau melakukan evaluasi customer service. Namun, jika Anda memerlukan analisis terhadap perusahaan rival atau penilaian akan fitur baru, maka Anda perlu membuat strategi yang berbeda.
Manfaat Market Survey Bagi Keberlangsungan Bisnis
Menurut Harvard Business Review, market survey diperlukan untuk membantu pemilik bisnis membuat rencana pemasaran terbaik yang memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, tren pasar, dan pola pembelian, perusahaan bisa menentukan item, harga, promosi, dan taktik distribusi yang sesuai.
Market survey, berbeda dengan focus group discussion atau interview, memberi Anda kesempatan untuk mengumpulkan feedback spesifik dalam skala besar. Selain itu, Anda dapat dengan cepat mengambil kesimpulan praktis karena datanya lebih mudah dikelola.