Mohon tunggu...
Asep K Choliludin
Asep K Choliludin Mohon Tunggu... -

Tukang naek gunung, tapi bukan penulis.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Persiapan Pendidikan Dasar WANADRI

20 Maret 2012   08:43 Diperbarui: 25 Juni 2015   07:43 1615
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13322329211676197209

"Bulan maret 2010, aku pernah ditanya seorang teman, apa aku siap ikut Pendidikan Dasar Wanadri? Aku jawabnya simple, "lihat saja nanti, kalau waktunya ada, saya siap. Sementara saya sendiri sebenarnya belum tahu apa-apa tentang Wanadri dan saya pun bukanlah orang yang terbiasa ikut kegiatan Pecinta Alam. Satu hal yang saya miliki adalah saya yakin dengan kekuatan tekad diri sendiri."

Wanadri adalah perhimpunan penempuh rimba dan pendaki gunung. Katanya sih yang suka berkegiatan di alam bebas pasti tahu apa itu Wanadri. Persiapan Dasar yang saya lakukan waktu itu untuk tahap awal adalah mencari informasi mengenai Wanadri. Ini penting, karena saya akan menjadi bagian dari organisasi yang akan saya masuki. Kemudian saya coba pahami makna mengenai janji dan hakekat Wanadri. Sungguh dalam yang aku rasakan waktu itu, mungkin sampai saat ini. Tidak banyak yang saya lakukan mengenai persiapan untuk mengikuti Pendidikan Dasar Wanadri (PDW). Setelah informasi yang saya kehendaki terkumpul, maka saya mulai mencatat tanggal-tanggal penting mengenai PDW. Mulai dari pendaftaran, dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Catat dan perhatikan dengan seksama kapan batas akhir pendaftaran agar kita tidak kehilangan kesempatan untuk ikut PDW waktu itu. Catat juga kapan seleksi diadakan. Tempat seleksi biasanya di Bandung, dan untuk orang yang bermukim di luar Kota Bandung seperti saya, maka selama seleksi saya memikirkan akan tinggal dengan siapa dulu nih? Hal penting selama ikut PDW apa? tentu saja Waktu. PDW latihannya 1 bulan. Inilah yang perlu dipikirkan, dalam rentang waktu yang cukup lama itu apa kita sudah siap? PDW itu pilihan yang sangat berat, namun penuh dengan tantangan. Kebetulan masa itu saya sudah selesai UAS dan memasuki liburan akhir semester. Pertahankan FOKUS. Gunanya mencatat setiap tanggal dari proses PDW adalah agar kita fokus. Selanjutnya lakukan latihan-latihan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran. Apa yang menurutmu kurang maka latihlah kekuranganmu itu. Bertekadlah untuk menyelesaikan apa yang telah engkau mulai.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun