Mohon tunggu...
Asih Nurakhir
Asih Nurakhir Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

bersama berbagi mencerdaskan anak bangsa..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hospital Tour: Terobosan Dalam Mengenalkan Mahasiswa Terhadap Rumah Sakit Guna Mendukung Pembelajaran KBK

28 Februari 2011   02:57 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:12 1036
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Rumah sakit merupakan salah satu lahan dimana mahasiswa ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan lain seperti keperawatan dan kebidanan seringkali berpraktek, disamping tentunya masyarakat atau komunitas. Praktek di rumah sakit tentunya menjadi sebuah pengalaman tersendiri bagi para mahasiswa yang untuk pertama kalinya terjun di rumah sakit terutama adalah di awal-awal semester perkuliahan. Pengalaman berbicara akan ada rasa bingung, shocked, lelah, capai, dan sederet perasaan lain yang hinggap dan dialami seorang mahasiswa ketika pertama kali bergelut dengan berbagai aktifitas di rumah sakit. Namun sejalan dengan waktu, perasaan tersebut secara perlahan hilang dan akhirnya timbulah sebuah kepercayaan bahwa praktek dirumah sakit adalah sesuatu hal yang sangat berharga dan menyenangkan.

Setiap rumah sakit, baik yang milik pemerintah maupun swasta mempunyai berbagai karakteristik yang tidak bisa disamakan satu dan lainnya. Ada keunikan yang membuatnya spesial di mata para klien-nya. Setiap rumah sakit berusaha memberikan pelayanan yang seoptimal mungin untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Berbagai macam fasilitas, jenis pelayanan, program dan sumber daya manusia baik dokter, perawat, bidan, fisioterapist, dan lain sebagainya senantiasa ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas guna menjamin kepuasan klien (customer satisfaction). Dan dewasa ini rumah sakit di Indonesia semakin berkembang dengan berbagai bentuk peningkatan jumlah, kualitas maupun layanannya.

Berkaitan dengan dunia pendidikan, khususnya adalah keperawatan sebagai satu komponen care provider (penyedia layanan), mengenalkan mahasiswa secara dini dengan berbagai failitas, layanan, manajemen dan sumber daya manusia di rumah sakit merupakan hal yang sangat signifikan untuk mendukung pencapaian kompetensi pendidikan keperawatan terutama dengan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Menyadari akan hal ini, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (PSIK FK UNDIP) sudah beberapa tahun ini menyelenggarakan program Hospital Tour bagi para mahasiswanya. Kegiatan ini member manfaat yang sangat penting bagi para mahasiswa karena bisa belajar dan melihat secara langsung dan berdiskusi dengan pihak rumah sakit. Mereka semua diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk belajar berbagai hal tentang rumah sakit dengan kunjungan langsung ke tempat yang dimaksud. Sebagai contoh, ketika seorang mahasiswa bertanya tentang unit hemodialisa (cuci darah), maka ia akan mendapat informasi langsung tentang hal tersebut dan melihat langsung bagaimana unit tersebut bekerja dan memberi pelayanan termasuk peralatan yang digunakan. Jadi tidak hanya sekedar penjelasan yang kadang kala terlalu rumit untuk bisa divisualisasikan bila tanpa melihat langsung.

Sejauh ini, beberapa rumah sakit besar yang menjadi tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah Rumah Sakit Jantung dan pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, Rumah Sakit Kanker Darmais Jakarta dan Rumah Sakit Spesialis Husada Utama Surabaya.

Tepatnya pada hari Kamis kemarin tanggal 24 Februari 2011, PSIK FK UNDIP kembali hadir dengan kegiatan hospital tour I bagi mahasiswa angkatan 2010 semester II di RS Spesialis Husada Utama Surabaya. Rumah sakit megah yang berada di kawasan jalan Prof. Dr. Moestopo Surabaya ini kembali menerima 155 mahasiswa dan 7 pembimbing dari PSIK FK UNDIP yang sedang ngangsu kawruh secara langsung di rumah sakit.

Setelah acara penerimaan dan overview tentang rumah sakit langsung dari Chief Executive Officer (CEO) RSS Husada Utama Prof. R. Haryadi, Sp. OG (K), dan juga diskusi terbuka dengan ketua bidang pendidikan dan pelatihan (diklat), bidang keperawatan dan para kepala ruang, para mahasiswa dibawah bimbingan para pemandu dari rumah sakit berkeliling melihat berbagai fasilitas dan bentuk layanan rumah sakit. Ada rasa kagum pada para mahasiswa melihat fasilitas dan layanan yang begitu lengkap dan modern dan hospitality (keramahan) dari para perawatnya. Therapeutic communication, salah satu skill penting perawat, memang benar-benar sangat terasa selama mahasiswa berada dan berkeliling di rumah sakit tersebut dari mulai bagian loby rumah sakit, admission, rawat inap kelas suite, VVIP, VIP kelas I, II dan III, maternity unit, Emergency Unit, poliklinik, hotel, dan lain sebaginya. Kenyamanan dan keramahan memang menjadi salah satu daya tarik disamping fasilitas dan layanan yang dimiliki rumah sakit tersebut. Setidaknya demikianlah yang dirasakan para mahasiswa selama kunjungan tour tersebut. Antuasiasme mahasiswa yang sangat tinggi juga terlihat dari bagimana mereka dengan seksama mendengarkan penjelasan dari para pemandu termasuk harus bercapai-capai keluar masuk bagian dari rumah sakit yang besar dengan 15 lantai tersebut.

Semoga Hospital Tour, salah satu program unggulan PSIK FK UNDIP mampu menjawab tantangan tentang bagaimana mahasiswa secara dini bisa mengenal eksistensi dirinya sendiri sebagai seorang health care provider, mengenal berbagai layanan, manajemen, dan fasilitas yang memadai dari sebuah rumah sakit sebelum mereka nantinya aktif berpraktek di rumah sakit, baik rumah sakit daerah maupun rumah sakit skala nasional ketika menempuh pendidikan profesi. Salam hangat PSIK FK UNDIP: Mendidik Dengan Hati Bekerja dengan Cinta. *nr

Berita terkait: keperawatan undip

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun