Menjadi seorang guru adalah salah satu pengalaman terbaik, seorang guru menjadi orang tua kedua. Perencana kegiatan belajar, seseorang yang dituntut pandai berkomunikasi, berpikir jauh ke depan, mengorganisasi sebuah kelas, ataupun sosok yang bisa mengayomi.Â
Seseorang yang menjadikan segala sesuatu yang menjadi urusan siswanya berjalan dengan lancar. Sosok yang bisa memberi kebahagiaan bagi muridnya, serta menyebarkan kegembiraan dalam proses pembelajaran.
Di sisi lain, kendala yang terjadi tidak serta merta hanya dirasakan oleh siswa, namun juga dialami oleh tenaga kependidikan, khususnya adalah guru. Tugas dari seorang guru bukanlah sekadar transfer ilmu pengetahuan kepada siswa, tetapi seorang guru perlu menentukan strategi belajar yang tepat dan dapat diterima oleh siswa yang masing-masing memiliki karakteristik berbeda.
Kegiatan belajar mengajar kelas 6 di SDN 158 Babakan Sari Babakan Surabaya dimulai pada tanggal 25 Juli 2022 hingga 05 Agustus 2022 pada pukul 07.00-12.00.Â
Ketika bertindak sebagai guru kelas, saya  mengajar berbagai mata pelajaran mulai dari Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, bahkan semua mata pelajaran. Meskipun demikian, ada juga sekolah yang memiliki guru khusus untuk mengampu mata pelajaran tertentu seperti Agama, Olahraga, dan Bahasa Inggris.
Di samping itu, saya sebagai guru SD menjalankan tugas dengan membuat rencana pengajaran, mengajar, dan memberikan panduan hidup. Tugas guru SD cukup bervariasi seperti pengamatan pelajaran, pembuatan bahan ajar, penilaian terhadap hasil ujian, dan pembimbingan acara sekolah.Â
Sebagai mahasiswa yang baru terjun dalam mengajar siswa/i bagi saya kemampuan guru dalam menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran ini merupakan hal yang tidak mudah.Â
Menjadi guru baru itu rasanya nano-nano ketika Kuliah Kerja Nyata (KKN) meskipun baru menjadi guru, kita harus dituntut profesional apalagi di depan siswa/i, belum lagi materi kejar tayang yang harus selalu dikuasai setiap pertemuan.Â
Kendalanya ketika menjadi seorang guru baru ketika diberikan tugas mengajar lebih dari 3 jam dan di bebankan dengan semua mata pelajaran sehingga penguasaan materi guru kurang mendalam karena itu rasa penyampaian materinya kurang optimal.Â
Belum lagi ketika menemukan anak yang memiliki motivasi belajar rendah dan pendiam mereka nampak mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tetapi yg dipikirkan bukan materi yang sedang di ajarkan, belum lagi ketika siswa/i yang suka memainkan hp disaat jam pelajaran, becanda ketika tidak di perhatikan guru. Lumayan banyak yang perlu di pelajari, dibiasakan dan di rubah kediri sendiri.Â
Mau tidak mau kita harus jadi orang yang digugu dan ditiru, menjadi manusia yang seakan hampir memiliki perilaku sempurna bukan karena ingin di puji tapi ingin memberitahu murid dan mengajaknya menjadi manusia yang sempurna.