Mohon tunggu...
Ashfiatin Nada
Ashfiatin Nada Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Kesehatan Masyrakat

Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat 2020 UNUSA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif terhadap Minat Belajar pada Siswa SMP (Pencegahan Kekerasan Seksual Anak di Internet)

22 Agustus 2024   13:20 Diperbarui: 22 Agustus 2024   13:31 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kekerasan seksual anak adalah hubungan antara anak dengan orang yang lebih tua atau dewasa yang mana anak menjadi objek pemuas kebutuhan seksual pelaku (Hermawati et al, 2017).  Terdapat 22% anak-anak dapat menemukan konten seksual tidak terduga baik melalui iklan maupun media sosial (UNICEF, 2023). ChildFund International (2022) menjelaskan bahwa anak dapat menjadi korban perundungan, eksploitasi dan kekerasan seksual di internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa SMP pada pencegahan kekerasan seksual anak di internet.

Apa itu minat?  

Minat merupakan tindakan yang dilakukan dengan sukarela tanpa ada tekanan khusus. Minat belajar merupakan upaya yang dilakukan untuk membuat kondisi belajar pada anak agar berkenan melakukannya. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi MInat

Berdasarkan TRA (Theory of Reasoned Action) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat yakni Sikap dan Norma Subjektif. Sikap merupakan perasaan suka atau tidaknya seseorang pada suatu perilaku. Norma Subjektif adalah persepsi seseorang tentang pendapat orang lain dari perilaku perbuatannya. 

Metodologi Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 189 siswa dan total sampel sebanyak 128 siswa yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan uji Chi-Square.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian dengan menggunakan uji Chi-Square menunjukkan bahwa sikap memiliki nilai p=0,030 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan sikap terhadap minat belajar pencegahan kekerasan seksual anak di internet pada siswa SMP. Sedangkan norma subjektif memiliki nilai p=0,050 yang artinya tidak terdapat pengaruh norma subjektif terhadap minat belajar pencegahan kekerasan seksual anak di internet pada siswa SMP.

Penulis : Ashfiatin Nada

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun