Bagaimana cara Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)?
Tugas guru dalam merancang dan mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah memahami Capaian Pembelajaran (CP), kemudian merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) berdasar CP, lalu langkah selanjutnya adalah menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dijabarkan dari TP. Fungsi ATP adalah sebagai silabus yang selama ini dikenal dalam Kurikulum 2013. ATP merupakan perencanaan dan pengaturan pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu fase.
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menyusun ATP, yaitu:
1. Menggali kata kunci
Tujuan pembelajaran yang dirancang dan disusun merupakan tujuan yang umum, bukan tujuan pembelajaran harian, atau tujuan instruksional umum, bukan tujuan instruksional khusus. Pada tahap ini guru dapat menggali kata kunci yang ada dalam CP.
2. Harus tuntas untuk satu fase.
ATP harus tuntas untuk satu fase, tidak boleh terpotong di tengah jalan. Artinya, dalam menyusun ATP harus didedikasikan untuk memenuhi CP dalam satu fase dan tidak dapat diteruskan pada fase berikutnya.
3. Dikembangkan secara kolaboratif.
ATP harus dikembangkan secara kolaboratif dengan guru lain yang mengajar dalam satu fase. Misalnya, untuk fase A kolaborasi bisa dilakukan oleh guru kelas 1 dan kelas 2. Atau  guru Matematika harus berkolaborasi dengan sesama guru Matematika yang mengajar di kelas 7, 8 dan 9 untuk fase D.
4. Sesuai karakteristik dan kompetensi.
ATP harus dikembangkan sesuai karakteristik dan kompetensi yang dikembangkan setiap mata pelajaran. Oleh karenanya ATP sebaiknya dikembangkan oleh guru yang mahir dalam mata pelajaran tersebut.
5. Tidak perlu lintas fase.
Penyusunan ATP tidak perlu lintas fase.
6. Harus logis.
Metode penyusunan ATP harus logis, dan disusun dari kemampuan yang sederhana ke yang lebih rumit. Hal ini dapat dipengaruhi oleh karakteristik mata pelajaran, pendekatan pembelajaran yang digunakan. Misalnya, dalam matematika, penjumlahan dan pengurangan diajarkan lebih dahulu baru pada konsep perkalian. Atau mengajarkan penyusunan kalimat efektif dahulu baru mengajarkan penyusunan paragraph pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
7. Sederhana dan langsung ke intinya.
Dokumen ATP disajikan dengan sederhana dan langsung ke intinya agar mudah dipahami oleh guru lain yang membaca.