Pemimpin sekolah, dalam berbagai literatur, disebut berperan besar dalam menentukan keberhasilan sekolah karena mempunyai tanggung jawab dalam mensinergikan berbagai elemen di dalamnya. Seorang pemimpin sekolah yang berkualitas akan mampu memberdayakan seluruh sumber daya di ekosistem sekolahnya hingga dapat bersatu padu menumbuhkan murid-murid yang berkembang secara utuh, baik dalam rasa, karsa dan ciptanya. Secara umum Lokakarya 2 ini berfokus pada bagaimana para Calon Guru Penggerak mengetahui Pengembangan visi dan Prakarsa perubahan  dalam menerapkan budaya poistif  dalam menggerakkan ekosistem pendidikan.
Adapun Output Kegiatan dari Lokakarya 2 ini adalah:
Rencana terkait prakarsa perubahan yang terbaru level diri yang sudahdiberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggerak lain
Rencana terkait strategi penyampaian disiplin positif di kelas dan kontekssekolah yang sudah diberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggeraklain yang terbaru.
Tujuan Belajar
Peserta dapat menjelaskan perkembangan/kemajuan prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpanbalik Calon Guru Penggerak lain
Peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di sekolah (Aksi Nyata modul 1.4) serta memperbaharui rencana berdasarkan umpan balik Calon Guru Penggerak lain
Peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positif
Peserta dapat menunjukkan kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan Kelas
Indikator Keberhasilan