Mohon tunggu...
ASEP NURDIN TOHA
ASEP NURDIN TOHA Mohon Tunggu... Guru - Kepala Sekolah Kota Bekasi

Penulis , Asep Nurdin Toha, S. Pd SD , Kepala Sekolah , Kota Bekasi Aktif :Guru Penggerak , Pengajar Praktik , Kelompok Kerja guru, Organisasi PGRI

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ringkasan Modul 1.1 (Refleksi Diri tentang Pemikiran Ki hajar Dewantara) Pendidikan Calon Guru Penggerak

6 November 2023   21:07 Diperbarui: 6 November 2023   21:09 9108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Biografi Singkat Ki Hajar Dewantara Bapak Pendidikan Nasional - Mobile Legends (mobillegends.net) 

CAPAIAN YANG DIHARAPKAN OLEH CGP MODUL 1.1

Capaian Umum Modul 1
Secara umum, profil kompetensi Guru Penggerak yang ingin dicapai dari modul ini adalah:
1. CGP mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki HadjarDewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
2. CGP mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat
pengembangan karakter dengan budaya positif.
3. CGP mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku
kepentingan.

Capaian Khusus Modul 1.1
Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu:

1. berpikir reflektif dan kritis terhadap pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.
2. mendemonstrasikan pemahaman terhadap pemikiran filosofis Ki HadjarDewantara dan relevansinya terhadap konteks Pendidikan Indonesia saat ini dengan membandingkan penerapan pendidikan abad ke-21 pada
konteks lokal (budaya) di tempat asal mereka.
3. membuat perubahan konkret penerapan pemikiran filosofis pendidikan KHD

Ringkasan Alur Belajar MERRDEKA

Mulai dari diri (Mandiri):
Kegiatan pembelajaran pemantik:
a. CGP menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan)
Ki Hadjar Dewantara,
b. CGP menuliskan harapan bagi diri sendiri dan murid-murid setelah mempelajari modul 1.1 dan ekspektasi mengenai materi dan kegiatan yang akan ditemui dalam modul.

Eksplorasi Konsep (Mandiri):
a. CGP mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan.
b. CGP membaca 2 teks Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Dasar Dasar Pendidikan & Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak).
c. CGP mengakses video tentang interpretasi filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
d. CGP membuat rekaman audio atau video singkat untuk menggambarkan pemahamannya mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi):
a. CGP mendapatkan materi dari instruktur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
b. CGP melakukan diskusi dalam kelompok kecil untuk menjawab pertanyaan mengenai proses pembelajaran yang mencerminkan
pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
c. CGP mempresentasikan hasil diskusi kelompok dan mendapatkan

Ruang Kolaborasi
CGP berkolaborasi untuk mendesain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan konteks lokal daerah asal, kemudian mempresentasikannya.

Refleksi Terbimbing
CGP merefleksikan pengetahuan dan pengalaman setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara.

Demonstrasi Kontekstual
CGP membuat karya (video pendek, komik, lagu, puisi, podcast dll) dalam menjelaskan pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (KHD) dan mengunggahnya di LMS.

Elaborasi Pemahaman
CGP mengikuti sesi diskusi langsung dalam bentuk Konferensi Filosofi Pendidikan KHD yang disampaikan oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa serta praktik-praktik baik beberapa sekolah lain untuk memperluas pemahaman mengenai pemikiran filosofis KHD.
Paparan dalam konferensi ini sejatinya memperdalam dan mempertajam pemikiran-pemikiran CGP dalam mendemonstrasikan secara konkret pemikiran-pemikiran KHD di sekolah dan kelas masing-masing CGP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun