Mohon tunggu...
Asep Mukhlis
Asep Mukhlis Mohon Tunggu... -

Seorang pemimpi penuh dengan cita-cita

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Internet in My Eyes

24 Desember 2014   14:51 Diperbarui: 17 Juni 2015   14:34 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menarik sebetulnya membahas topik yang satu ini topik yang selalu dekat dengan kita setiap hari ibaratkan nyawa kedua ..

Halo sebelumnya perkenalkan saya asep mukhlis abdul manan kelas XII SMK Jurusan Multimedia, saya tertarik untuk membahas topik mengenai internet karena dalam keseharian pun anak muda seperti saya tidak pernah bisa dan tidak akan pernah lepas dari internet. Lalu seperti apa sih peran internet di indonesia dan bagaimana perkembangannya?

Indonesia sebagai negara berkembang pada dasarnya sedang mencoba melakukan pembangunan di segala bidang, tak terkecuali di bidang teknologi. Internet dalam beberapa tahun belakangan ini saja selalu menjadi bahan pembicaraan yang kian hari kian hangat untuk diperbincangkan tentu saja mengalami banyak perkembangan dan kemajuan. Kemajuan itu pun begitu saya rasakan, mungkin bukan hanya saya tapi masyarakat di seluruh indonesia pun juga merasakannya.

Sebagai contohnya saja, saya akan berbagi cerita dan pengalaman bagaimana saya mengenal internet. Kalau saya ingat-ingat lagi saya mengenal internet kira-kira di kelas 5 sekolah dasar entah umur berapa waktu itu (monggo dihitung sendiri hehe) saya waktu itu penasaran dengan kaka saya yang seringkali ijin pergi ke warnet, iya warnet. dalam benak saya muncul berbagai pertanyaan, "warnet apa sih? kalo warteg kan warung tegal, nah warnet? warung kornet kali hahaha" akhirnya saya pun diajak oleh kaka saya ke warnet nah disana kaka saya pun memberitahu secara singkat bagaimana penggunaannya dan apa manfaatnya, sekilas masih belum paham apa itu internet ckckck.

Masa SD pun berlalu masuk ke Masa SMP, dimana sudah ada mata pelajaran TIK (Teknologi informasi dan Komunikasi) di mata pelajaran ini nih saya mendapat banyak ilmu dan jadi tau sebenarnya apa itu internet, singkatnya dalam ujian praktek saya dan teman lainnya diberi tugas mengirim email kepada guru saya. Dari sanalah setelah mengirim email saya dan teman lainnya diberi tahu oleh guru "coba ketikkan apa saja yang kalian ingin tahu di bagian kolom google lalu enter, ayo!" akhirnya saya memutuskan untuk mencari "Garut" dan saya menunggu beberapa detik untuk proses l o a d i n g nya hahaha lalu muncul lah beberapa informasi tentang Garut lengkap beserta gambar nya wihhhhh ajaib seketika itu saya terkagum-kagum ko bisa sih tau dari mana coba ya haha. Masuk ke masa-masa akhir SMP dimana saya sudah mengenal internet lebih jauh, ada tugas dari guru ke warnet hampir tiap hari malah. selingan mengerjakan tugas saya pun membuka facebook, twitter, youtube dan lainnya sungguh seperti menemukan dunia kedua yang begitu berwarna

Masuk ke dunia SMA eh SMK yaa, setelah merasa tertarik dengan perkembangan teknologi akhirnya saya memutuskan masuk ke jurusan multimedia tentu saja ini berkat internet yang telah memberi saya wawasan dan juga menghiasi dunia saya *oke ini lebay abaikan*. Mulai muncul lah tugas-tugas yang mengharuskan saya pergi ke warnet, lama kelamaan ko malah jadi cape ya dikit-dikit warnet dan kayanya guru pun keenakan juga kalo gini terus ya sudahlah nama nya juga tugas ya, akhirnya orang tua saya memutuskan untuk membelikan saya laptop agar tidak sering ke warnet katanya, seiring berjalannya waktu saya sudah jarang menemukan warnet di daerah saya mungkin karena sudah banyak yang menggunakan laptop dan jaringan internet di rumah. saya pun berpikir keras apa mungkin warnet akan punah seperti halnya wartel yang dulu sempat menjadi bagian hidup masyarakat ya mungkin itulah bagian dari perkembangan teknologi. Kesimpulannya, internet berkembang pesat mulai dari hanya sekedar kirim-kirim email, sampai sekarang bisa kirim-kirim barang dagangan loh. Sarana nya pun berkembang mulai dari sekedar warnet lalu sekarang banyak wifi gratis bertebaran dimana-mana. Sampai hari ini saya begitu sangat merasakan manfaat internet, membantu tugas-tugas saya, menuntaskan rasa ingin tahu saya, mendekatkan yang jauh tapi kadang juga menjauhkan yang dekat, dan masih banyak manfaat lainnya. Pada akhirnya saya berharap dan mempunyai mimpi bahwa negara kita mungkin suatu saat akan bisa seperti korea selatan yang keseluruhan daerahnya terkoneksi dengan jaringan broadband dengan begitu semua pelosok di indonesia bisa merasakan manfaatnya dan juga saya sangat senang karena beberapa hari belakangan ini sudah ada operator telekomunikasi yang meluncurkan jaringan 4G LTE misalnya indosat, saya begitu senang semoga terus berkelanjutan dan berharap kualitas internet indonesia semakin hari semakin maju bravoooooo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun