Mohon tunggu...
Asep Irwan Gunawan
Asep Irwan Gunawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pemulung Kata-kata

Pengembara Kata dan Fakta demi Sebuah Cerita

Selanjutnya

Tutup

Financial

Di Antara Bareksa, Bibit, Ajaib, TanamDuit, Mana Aplikasi Investasi Beli SBN Terbaik?

8 Juli 2024   15:09 Diperbarui: 8 Juli 2024   18:35 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin berbagi cerita dan pengalaman tentang investasi SBN. SBN (Surat Berharga Negara) adalah instrumen investasi yang sudah lama saya jalankan selama kurang lebih 4 tahun-nan lalu. Tentu pilihan saya pada SBN bukan tanpa sebab. Bagi saya yang pemula dan tak mau berurusan dengan risiko, SBN memang paling cocok dengan saya karena salah satu investasi yang dijamin negara.

Selain aman karena dijamin negara, SBN ternyata juga mampu menghadirkan return lumayan cuan lho. Saya sendiri membandingkan imbal hasil SBN yang cuan ini dengan instrumen sejenis seperti deposito. Seperti kita tahu bunga deposito Bank BUMN saat ini berkisar antara 2-4%. Sementara itu investasi saya pada SBN Sukuk Ritel seri 013 sudah mencapai imbal hasil dengan kupon minimal 6,05%.

Mengenai tempat investasi sendiri, saya juga tak memilihnya dengan sembarangan. Seperti kita tahu bahwa tempat pembelian SBN ini memang banyak pilihannya, mulai dari bank, perusahaan efek, perusahaan fintech hingga marketplace. Dari sini saya melakukan riset dan penelusuran di Google, dan memutuskan untuk membeli dan memulai investasi SBN di Aplikasi Bibit.

Kenapa memilih Bibit? Bukannya ada banyak aplikasi yang menawarkan pembelian SBN? Memang, aplikasi pembelian SBN saat ini ada banyak pilihan, sebut saja Bareksa, Ajaib, TanamDuit dan lainnya. Tapi buat saya Bibit adalah aplikasi investasi SBN terbaik. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dalam penelusuran yang saya lakukan, saya mendapati Bibit merupakan perusahaan fintech yang kredibel. 

Kredibilitas Bibit terlihat dari statusnya sebagai PT Bibit Tumbuh Bersama yang sudah diawasi dan berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak hanya itu, Bibit juga sudah ditunjuk oleh Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi (midis) penjualan SBN. Belum lagi beberapa penghargaan yang didapat Bibit selama menjadi mitra distribusi penjualan SBN.

Bukan hanya kredibel, dalam pengalaman saya selama ini, terutama saat pertama kali menggunakan Bibit, saya tidak kesulitan saat menggunakan aplikasinya. Ini karena UI/UX Bibit yang menurut saya sangat user friendly sehingga memudahkan saya yang pemula saat itu.

Source: Aplikasi Bibit
Source: Aplikasi Bibit

Ketika saya bingung dengan suatu hal, saya pun tidak perlu menunggu lama karena customer service Bibit langsung membantu saya menjawab pertanyaan. Karena di Bibit ini pembelian SBN dilakukan melalui Aplikasi, maka saya bisa memulai investasi dengan mudah di mana saja dan kapan saja (24 jam/7 hari).

Cukup sampai di situ? Tunggu dulu, sebab saat investasi SBN di Bibit, saya juga mendapat kesempatan mendapat cashback lho! Sepengetahuan saya, setiap masa penawaran produk SBN yang rilis, Bibit memang selalu memberikan penawaran cashback. Buat saya, ini penawaran yang sangat menarik, karena sembari investasi, kita juga mendapat benefit cashback.

Itulah sedikit cerita dan pengalaman saya berinvestasi SBN di Aplikasi Bibit. Semoga kisah ini bisa menjadi referensi bagi siapa pun yang sedang mencari dan memilih tempat atau aplikasi investasi SBN terbaik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun