Pertanyaan efektif dapat memfokuskan materi pembelajaran, selain itu pertanyaan efektif dapat mempengaruhi atau memancing ide-ide siswa yang kadang-kadang tak bisa ditampilkan dalam pembelajaran, dengan pertanyaan efektif siswa mampu berpikir mandiri. Mereka jadi tahu Apa tujuan pembelajaran.
Semua karakteristik pertanyaan efektif saling berhubungan tetapi karakteristik menuntut siswa berpikir dan tidak sekedar mengingat merupakan karakteristik yang lebih relevan. menganalisis, menilai, menyimpulkan, membandingkan, menggeneralisasi, membuat hubungan, menerapkan, menjelaskan ketika di kuasai siswa maka hal yang terjadi adalah mempengaruhi kehidupan sehari-harinya. Berpikir logis dalam mengambil suatu tindakan
Pertanyaan yang jelas-jelas sudah diketahui jawabannya oleh siswa adalah pertanyaan yang sangat tidak efektif .
Apakah persegi panjang dan jajar genjang berbeda ?
pertanyaan tersebut tidak membuat siswa berpikir matematis. Oleh karena itu hindari pertanyaan pertanyaan yang tidak perlu.
Cantumkan setiap pertanyaan dengan menggunakan mengapa atau bagaimana ?
Setelah menerapkannya langsung di kelas. Ternyata dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan efektif perubahan suasana kelas benar-benar berubah. Setelah saya amati ternyata daya pikir siswa meningkat. Keberanian bertanya siswa mulai bermunnculan dan selain itu saya mengatahui tingkat keberhasilan siswa perindividu.. jelas. Dengan diterapkannya pertanyaan efektif dapat mempengaruhi hasil belajar dan daya pikir siswa dalam pembelajaran matematika. Hasilnya pembelajaran tidak lagi terpusat satu arah tapi dua arah. Student centered learning.
Bagaimana membuat pertanyaan efektif yang mengarah ke bentuk open-ended, untuk mengetahui dan menilai sejauh mana tujuan pembelajaran dapat dicapai oleh siswa.Dengan pertanyaan-pertanyaan efektif kegiatan pembelajaran menjadi hidup sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
Fungsi guru untuk mengajukan pertanyaan - pertanyaan efektif yang mampu menumbuhkan keaktifan dan mendorong keberanian siswa mengungkapkan pendapat agar lebih percaya diri terhadap pemikirannya, mendorong siswa berpikir kritis.
Dengan pertanyaan open ended siswa menjadi lebih tertantang ketika ternyata 1 soal memiliki beragam penyelesaian sekalipun soal tersebut merupakan soal yang sederhana.
Seorang guru disarankan untuk tidak menjawab pertanyaan dari siswa, tetapi berusaha untuk memberikan pertanyaan pancingan sehingga siswa dapat menjawab sendiri pertanyaannya.