Mohon tunggu...
Asdhar Palopo
Asdhar Palopo Mohon Tunggu... -

SAYA ADALAH WARGA BIASA SAJA Salam kenal, saya adalah warga baru di Kompasiana yang mencoba menuangkan ide kedalam tulisan. Tentu saja saya mengharap masukan dan kritik dari teman teman kompasianer atas tulisan yang saya post. Thanks.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Analisis Peraih Kompasiana Award 2010

25 November 2010   03:13 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:19 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu yang menarik dicermati dalam rangkaian Kompasiana 2nd Anniversary adalah siapa peraih "Kompasiana Award 2010". Saya membacanya di SINI, bahwa Kompasiana akan memberikan penghargaan untuk Kompasianer Teraktif 2010, Kompasianer Terpopuler 2010 dan Tulisan Terpopuler 2010. Penyerahannya akan dilakukan lusa (Sabtu, 27 November 2010) di MU Cafe & Bar, GrahaMataram Podium Sarinah, 2nd Floor Jl. MH Thamrin, No. 11 Jakarta Pusat. KOMPASIANER TERAKTIF Untuk mengetahui nominasinya dapat dilihat di beranda Kompasiana. Saat ini ada lima orang nominasi, masing-masing (1) Katerda Rejawen, (2) Wijaya Kusumah, (3) Andika, (4) Mukti Ali, dan (5) Doddy Poerbo. Namun melihat dari jumlah tulisan Katedra yang hingga postingan ini dibuat mencapai 1.308 tulisan, maka dapat dipastikan tidak akan terburu lagi oleh pesaingnya, termasuk Wijaya Kusuma yang telah menghasilkan 1.111 tulisan. KOMPASIANER TERPOPULER Tadi saya membaca ada delapan orang yang dijagokan salah satu kompasianer (lihat di SINI) , antara lain: (1) Prayitno Ramelan , (2) Pepih Nugraha , (3) Linda Djalil, (4) Wisnu Nugroho , (5) Jusuf Kalla (JK) , (6) Chappy Hakim, (7) Faisal Basri, (8) Lukman Hakim (eLHa). Nama-nama di atas memang populer, tapi dalam konteks Kompasianer Terpopuler saya melihat bahwa Panitia akan memilih Kompasianer yang paling banyak tulisannya masuk di tangga populer sepanjang tahun. Menurut pengamatan saya sepanjang tahun, bahkan juga tahun 2009,  kompasianer yang paling banyak tulisannya masuk di tangga populer, baik Populer Hari Ini maupun Populer Minggu Ini adalah Andy Syoekry Amal. Bukti kepopulerannya juga dapat dilihat dari komentar-komentar di tulisannya. Di samping itu, nama figur yang dikenal sebagai Baginda Asa, maharaja Negeri Ngotjoleria, sebuah komunitas humor di Kompasiana  ini, juga dapat dilihat sebagai tag di seluruh tulisan yang ada di social blog ini. TULISAN  TERPOPULER Dalam kaitan ini, saya melihat nominatornya ada dua, yaitu (1) tulisan yang berjudul Marzuki Alie, Masih Waraskah Anda? yang diposting  Linda Djalil, 29 October 2010 dan (2) tulisan yang berjudul  Indomie “Di-blacklist” yang diposting Blindie Lee. Kedua tulisan tersebut membuat heboh tidak hanya di Kompasiana. Namun jika melihat dari jumlah pembaca, saya yakin pemenangnya adalah tulisan yang berjudul  Indomie “Di-blacklist”, dengan jumlah hit 100.679, sementara tulisan dengan judul Marzuki Alie, Masih Waraskah Anda? dengan jumlah hit 30.765 . Berdasarkan uraian di atas, maka menurut saya, peraih Kompasiana Award 2010 ini adalah: 1. Kompasianer Teraktif:  KATEDRA REJAWEN 2. Kompasianer Terpopuler: ANDY SYOEKRY AMAL 3. Tulisan Terpopuler: Indomie “Di-blacklist” Demikianlah analisi saya ini. Kita boleh berbeda pendapat tapi jika menggunakan parameter yang objektif, saya pikir analisis ini tidak meleset. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun