Pada era pembangunan berkelanjutan dengan pemenuhan kebutuhan saat ini, literasi digital memiliki peranan penting dalam keberlanjutan sains, teknologi dan pendidikan. Melalui literasi, program-program pembangunan berkelanjutan yang mendukung pembangunan sosial dan ekonomi serta kepedulian terhadap lingkungan dapat dipromosikan dengan baik selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dari agenda Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 yaitu membuka peluang untuk berkontribusi pada pendidikan dan membuka pengetahuan bagi masyarakat.
Jejak teknologi dan komunikasi serta sistem terbuka telah membawa peluang untuk menciptakan metodologi, sumber daya dan lintasan baru dalam dunia pendidikan. Perubahan-perubahan tersebut melahirkan paradigma serta model pendidikan yang inovatif untuk pengembangan bakat dalam peradaban berbasis intangibility. Saat ini, penerapan praktik terbaik dan penggunaan teknologi yang muncul dalam kombinasi dengan prosedur pedagogis inovatif dikenal dengan istilah 4.0 (era 4.0).
Pada Rabu (10/08/2022), sebanyak 30 mahasiswa KKN kelompok 06 yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan(DPL) Ibu Rina Maryanti, S.Pd., M.Pd. secara serentak menggelar acara International Student Conference on Education (ISCoE) yang ke-3 secara daring (online) melalui Zoom Meeting dengan tema “Empowering Students Digital Literacy in Science, Technology, and Education in Facing Sustainability Development in 4.0”.
Kegiatan ini diikuti oleh hampir 100 orang peserta yang merupakan mahasiswa dari 4 negara yaitu Indoneisa, Malaysia, Philiphina, India dan berasal dari Universitas Pendidikan Indonesia, Shivaji University Kolhapur, Sultan Kudarat State University, serta Rajarambapu Institute of Technology.
Rangkaian kegiatan International Student Conference on Education (ISCoE) 3 ini dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Didi Sukyadi, MA. selaku Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa diskusi yang dilakukan bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dari luar negeri ini dapat memberi berbagai macam inovasi.
Semoga mahasiswa Dari Universitas Pendidikan Indonesia selaku penyelenggara juga dapat mengambil pelajaran dan manfaat untuk dapat mengaplikasikannya pada pembangunan di Indonesia ke depannya dan dapat berkontribusi dalam peningkatan Indeks Kinerja Universitas (IKU) UPI.
Dpl KKN 06 : Rina Maryanti
Prof. Ahmad Bukhari Muslim, M.Ed., Ph. D. Directorate of International Affairs turut hadir dan memberikan sambutan serta ucapan selamat atas terselenggaranya the 3rd International Student Conference on Education 2022. Selain itu turut hadir dan memberi sambutan Prof. Ida Hamidah, M. Si. sebagai Sekretaris LPPM UPI, Dr. Leni Anggraeni, M. Pd. sebagai ketua pusat KKN, Bapak Dr. Eng Asep Bayu Dani Nandiyanto, S. T. M. Eng. selaku Kepala Kantor Jurnal dan Publikasi (KJP) UPI.
Pematerian disampaikan oleh seluruh peserta KKN kelompok 06 mengenai Pendidikan Berkualitas dan Pendidikan Sepanjang Hayat guna terlaksananya Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan Rekognisi MBKM-PUSPRESNAS KEMENDIKBUD RISTEK. Setelah sesi pematerian selesai, diadakan sesi diskusi tanya jawab yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman Awarding Kejuaraan Paper yang diantaranya termasuk peserta dari kelompok KKN 06 sebagaimana tertera dalam daftar nama berikut ini:
NoPenghargaanNama
1Silver Medal: the 2nd winnerAnnisa Miftahul Jannah