Pada zaman digitalisasi saat ini, banyak yang telah berubah salah satunya adalah pada jual beli online. Banyak hal yang dipermudah dengan adanya metode online seperti jual beli online. Yang mana semua hal dalam jual beli saat ini telah menggunakan metode online, baik dari segi pemasaran, pembelian, pembayaran hingga pengirimannya sekarang bisa dilakukan dengan metode online.
Metode online tentu saja menguntungkan banyak pihak seperti penjual dan pembeli, penjual juga akan lebih udah memasarkan barang dagangannya dan akan lebih mudah menjangkau pembeli dari berbagai daerah. Sedangkan untuk pembeli, metode online memudahkan pembeli untuk memesan apapun barang yang diinginkannya hanya melalui smartphone dan menunggu barang yang dibeli untuk diantarkan di rumah. Tentu saja hal ini sangat praktis dan disukai masyarakat di era digitalisasi saat ini.
Peran platform digital dalam pemasaran online produk UMKM sangat besar, tetapi kendala yang dialami para pelaku UMKM di Desa Purwodadi Kebanyakan mempunyai permasalahan yang sama yaitu kurangnya pengetahuan tentang strategi pemasaran online denga memanfaatkan platform digital. Maka dari itu kelompok KKM -- DR UIN Malang mengambil tema "Strategi Pemasaran Online Melalui Platfrom Digital (Instagram, Facebook, dan Shopee)" yang dilakukan pada minggu pertama.
Kami memberikan materi tentang cara membuat akun sosial media yang akan digunakan untuk memasarkan produknya. Kai menjelaskan tentang langkah-langkah dalam membuat akun e-commerce, cara mengunggah foto produk dalam akun e-commerce hingga strategi yang digunakan untuk promosi produk untuk meningkatkan omzet.
Kendala yang dialami oleh pelaku UMKM Desa Purwodadi yang berikutnya adalah produk mereka belum memiliki label sehingga produk tersebut tidak memiliki indentitas. Maka dari itu kami melakukan pelatihan pembuatan label produk agar memiliki identitas, kami mengajarkan cara mebuat label produk melalui aplikasi pixellab dan langsung di gunakan di produknya.
Dengan beberapa kegiatan sosialisasi tersebut, kami berharap para pelaku UMKM Desa Purwodadi bisa memasarkan produknya secara online dan memiliki label untuk produknya. Tentunya dalam sebuah pelatihan pemasaran online terdapat kendala yang sangat banyak, salah satunya yakni sinyal atau channel untuk memasarkan produk tersebut. Bahkan di sebuah desa yang masih di anggap primitif masih susah atau gaptek. Tetapi dengan adanya relasi yang luas dan keinginan yang besar untuk bisa memasarkan produk dari masing masing umkm.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H